Penerapan Full Day School dalam Pembentukan Karakter Disiplin di SD Muhammadiyah Semingin

Farhan Amar Hanif, Vera Yuli Erviana, Siti Nurjanah

Abstract


Penelitian ini mengulas mengenai penerapan sistem sekolah full day dalam menghasilkan karakter disiplin pada murid-murid di sekolah tingkat dasar. Pembentukan watak yang dapat diupayakan selama masa belajar di sekolah dilakukan dengan menunjukkan teladan perilaku yang positif. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk memahami kemajuan dalam karakter disiplin pada murid-murid di lingkungan sekolah selama pelaksanaan sistem sekolah full day. Pendekatan penelitian yang diterapkan adalah metode kualitatif, yang melibatkan kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari observasi yang telah terealisasi adalah penemuan bahwa perkembangan karakter murid di SD Muhammadiyah Semingin sesuai dengan ekspektasi yang diharapkan dalam konteks penerapan sistem sekolah full day. Dalam kesimpulan yang dapat ditarik berasal rangkaian observasi ini, tergambarlah evolusi yang terjadi pada siswa-siswa selama penerapan sistem sekolah full day pada upaya menghasilkan karakter disiplin pada Sekolah Dasar Muhammadiyah Semingin.

Keywords


Pendidikan karakter,Penerapan full day school, Ekstrakurikuler, Disiplin dalam belajar,Karakter Siswa,3S (Senyum,Salam,Sapa)

Full Text:

PDF

References


Annisa, F. (2019). Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter disiplin pada siswa Sekolah Dasar. Jurnal Perspektif Pendidikan dan Keguruan, 10(1), 69-74.

Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di zaman serba digital. Jurnal Bintang, 2(1), 35-48.

Damayanti, Y., Muttaqin, M. I., & Fadilah, A. A. (2022). Analisis Kegiatan Fullday School dalam Membentuk Karakter Religius pada Siswa Kelas IV SDIT Ar-Ridho. Jurnal As-sabiqun, 4(5), 1136-1146.

Danil, M. (2018). Implementasi full day school di Sekolah Dasar Sabbihisma Padang. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(1), 86-92.

Jurnal Pendidikan dan Konseling (n.d.). Pengertian Pendidikan (Vol. 4).

Katmawanti, S., Supriyadi, S., & Setyorini, I. (2019). Hubungan pola makan dan aktivitas fisik dengan status gizi siswi kelas VII SMP Negeri (full day school). Jurnal Preventia: The Indonesian Journal of Public Health, 4(2), 63-74.

Musbikin, I. (2021). Buku: Pendidikan Karakter Disiplin. Nusamedia.

Omeri, N., Negeri, S., & Makmur, A. (n.d.). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan.

Pongoliu, A. (2018). Pembinaan Karakter Siswa Dalam Membentuk Sikap 3S (senyum salam dan sapa). Jurnal Pascasarjana, 2(2), 201-205.

Putri, D. P. (2018). Pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di era digital. Jurnal Ar-riayah: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37-50.

Rijal Fadli, M. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Jurnal 21(1), 33–54.

Safi'i, I., Warni, S., & Yanti, P. G. (2019). Persepsi Guru Bahasa Indonesia Tentang Hubungan Antara Penerapan Full Day School Dengan Penguatan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2).

Siregar, N., Lestari, W., & Hastina, N. (2018). Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Karakter Kreatif Siswa Sekolah Dasar Swasta Full Day School Di Medan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2018. Stkip Bina Bangsa Getsempena.

Sitanggang, L., & Maulia, S. T. (2023). Analisis Kebijakan Full Day School Terhadap Pembelajaran Siswa. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), 100-107.

Sobri, M., Nursaptini, N., Widodo, A., & Sutisna, D. (2019). Pembentukan karakter disiplin siswa melalui kultur sekolah. Jurnal Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 61–71.

Sumarna, A. R., Asyafah, A., & Kosasih, A. (2018). Pengelolaan pendidikan agama Islam di Islamic full day school Salman al-Farisi Bandung. Jurnal Tarbawy: Indonesian Journal of Islamic Education, 4(2), 179-190.

Triyana, J. P., Djatmika, E. T., & Wiyono, B. B. (2018). Sistem Full Day School dalam Menguatkan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(12), 1550-1560.

Wahyuli, R., & Ifdil, I. (2020). Perbedaan kejenuhan belajar siswa full day school dan non full day school. Jurnal Aplikasi Iptek Indonesia, 4(3), 188-194.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.