Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning di SD Muhammadiyah Kedungbanteng II

Feri Firmansyah, Lisa Retnasari, Dwi Purwanto

Abstract


Proses pembelajaran di SD Muhammadiyah Kedungbanteng II, para guru masih memakai metode pembelajaran konvensional yaitu metode ceramah. Proses pembelajar hanya mendengarkan, fokus pada buku saja, dan mengerjakan tugas yang diberikan sehingga pembelajaran di kelas sangat pasif. Hal itu mengakibatkan pada hasil belajar peserta didik menjadi rendah serta tidak maksimal. Penulisan ini bertujuan guna mengetahui implementasi model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) guna mengoptimalkan hasil belajar pembelajaran pelajar di SD Muhammadiyah Kedungbanteng II. Penulisan ini menggunakan metode kualitatif. Upaya yang bisa dilakukan dengan cara menggunakan model pembelajaran yang bisa membuat pelajar menjadi aktif, berkontribusi langsung pada pembelajaran, memecah permasalahan yang ada dan menyelesaikan masalahnya. Satu diantara upaya yang bisa dipakai sebagai solusi yaitu menggunakan model pembelajaran PBL di SD muhammadiyah Kedungbanteng II. Dengan penulisan ini semoga bisa membantu para guru menentukan penerapan model pembelajaran yang tepat guna mengoptimalkan hasil belajar peserta didik di SD Muhammadiyah Kedungbanteng II.

Keywords


Belajar, Problem Based Learning, Siswa, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol No 2. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Handayani, R. H., & Muhammadi, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SD. E-Journal Inovasi Pembelajaran SD, 8(5), 78–88. Vol 8. No 5. Padang: Universitas Negeri Padang.

Kristiana, T. F., & Radia, E. H. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 818–826. Vol 5. No 2. Salatiga:Universitas Kristen Satya Wacana.

Novi, K., Lepini, P., Made Suarjana, I., & Sudarmawan, G. A. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Pelajaran Ipa Siswa Kelas IV SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 278–286. Vol 5. No 2.

Robiyanto, A. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa.

Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 114–121. Vol 5. No 3.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.