Implementasi Literasi Numerasi Di SD Negeri Jolontoro

Putri Andhina Saraswati, Mukti Sintawati, Pipit Sugiati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan literasi numerasi di SD Negeri Jolontoro.  Pendekatan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Kegiatan ini dengan menggunakan pengumpulan data dengan Teknik observasi dan wawancara dengan guru pamong dan kepala sekolah SD Negeri Jolontoro. Hasil dari kegiatan observasi dan wawancara yaitu di SD Negeri Jolontoro masih belum terlaksananya kegiatan khusus untuk literasi numerasi. Salah satu penyebabnya dikarenakan jumlah peserta didik yang sedikit di SD Negeri Jolontoro, sehingga sarana dan prasarana Pendidikan tidak memadai.  Hal tersebut mengakibatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik di SD Negeri Jolontoro belum optimal.   Adapun kesimpulan yang dihasilkan berdasarkan dari pembahasan yaitu di SD Negeri Jolontoro pada pelaksanaan kegiatan literasi numerasi masih melekat pada kegiatan belajar mengajar, dikarenakan masih terbatasnya fasilitas Pendidikan yang tersedia.

Keywords


Literasi, Numerasi, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Dantes, N., & Handayani, N. N. (2021). 269 PENINGKATAN LITERASI SEKOLAH DAN LITERASI NUMERASI MELALUI MODEL BLENDED LEARNING PADA SISWA KELAS V SD KOTA SINGARAJA. Widyalaya:Jurnal Ilmu Pendidikan, 269-283.

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). LITERASI NUMERASI DI SD MUHAMMADIYAH. ELSE (Elementary School Education Journal), 93 - 103.

Khakima, L. N., Zahra, S. F., Marlina, L., & dkk. (2021). Penerapan Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Siswa MI/SD. Prosiding Seminar Nasional PGMI 2021, 775 - 792.

Latifah, & Rahmawati, F. P. (2022). PenerapanProgramCALISTUNGuntukMeningkatkanLiterasiNumerasiSiswa KelasRendahdiSekolahDasar. Jurnal Basicedu , 5021-5029.

Mumpuni, A., Rahma, S. A., Utami, D., & dkk. (2022). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Peserta Didik di Sekolah Dasar. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 8-14.

Nurjanah, M., Dewi, D. T., Maulana, K., & dkk. (2022). LITERASI NUMERASI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS 3 SD/ MI. MUALLIMUNA : JURNAL MADRASAH IBTIDAIYAH, 87-98.

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 9 - 15.

Rahmawati, A. N. (2021). Kemampuan Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar.

Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami, 59-65.

Rosalinda, & Rahmawati, F. P. (2022). Implementasi Inovasi Budaya Literasi Numerasi MACATUNG di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu , 6248 - 6256.

Susriyanti, Yeni, F., & Yulasmi. (2022). Implementasi dan Aplikasi Literasi Numerasi Di SDN 20 Labuhan Tarok, Bungus Teluk Kabung,Padang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1-6.

Widiansyah, A., & Fitriansyah, F. (2022). IMPLEMENTASI KAMPUS MENGAJAR MELALUI PROGRAM LITERASI NUMERASI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1-9.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.