Dampak Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Psikodrama Terhadap Peningkatan Rasa Percaya Diri Siswa Kelas VIII SMP 1 Sleman

Nega Romit Putri Pratiwi, Miftah Nur Fahruri, Agus Supriyanto, Isna Fauzia Prabawanti

Abstract


Remaja adalah masa peralihan dari anak-anak ke dewasa, yang rentang usianya 10-19 tahun (WHO). Pada masa ini, remaja cenderung memiliki ambisi yang tinggi, peka terhadap penilaian orang lain, dan memiliki kebutuhan untuk diterima dan disukai. Hal ini dapat menyebabkan ketidakstabilan emosi yang berujung pada permasalahan pribadi, seperti kurangnya rasa percaya diri. Percaya diri merupakan hal penting yang perlu dimiliki setiap individu untuk menghadapi tantangan hidup dan menentukan rencana kedepan. Penelitian yang dilakukan oleh Tiara Silvia dan Sri Istiqomah menunjukkan bahwa pemberian layanan bimbingan kelompok dengan metode sosiodrama dan role-playing efektif dalam meningkatkan percaya diri pada siswa. Bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama dan role-playing dapat diintegrasikan dalam Bimbingan dan Konseling untuk menjawab permasalahan yang telah diidentifikasi melalui Angket Kebutuhan Peserta Didik (AKPD). Metode penelitian yang digunakan meliputi psikodrama, pembimbingan kepada siswa dan pengukuran skor kepercayaan diri sebelum dan sesudah intervensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan diri siswa kelas IX SMP N 1 Sleman meningkat setelah bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama dan role-playing diterapkan. Tindak lanjut yang dilakukan adalah dengan melakukan pendampingan dan pembinaan terhadap siswa anggota kelompok tersebut dari Guru Bimbingan dan Konseling.

Keywords


Bimbingan Kelompok, Psikodrama, Percaya Diri

Full Text:

PDF

References


Diananda, A. (2019). Psikologi remaja dan permasalahannya. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(1), 116-133.

Saputra, W. N. E., & Prasetiawan, H. (2018). Meningkatkan Percaya Diri Siswa melalui Teknik Cognitive Defusion. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 14-21.

Bulu, Y., Maemunah, N., & Sulasmini, S. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku bullying pada remaja awal. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 4(1).

Prasetiawan, H., & Saputra, W. N. E. (2018). Profil tingkat percaya diri siswa SMK Muhammadiyah kota Yogyakarta. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 19-26.

Silvia, T., Yandri, H., & Juliawati, D. (2022). Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Berbicara di Depan Kelas Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(2), 9-15.

Istiqomah, S., Nurkholidah, E., & Pranowo, T. A. (2023). Efektivitas bimbingan kelompok teknik role playing untuk peningkatakan kepercayaan diri siswa sekolah menengah pertama.

Oktarina, V., Mulyani, R. R., & Triyono, T. (2022). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Psikodrama terhadap Kecerdasan Emosional Peserta Didik di SMAN 1 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 6597-6605

Waluwandja, P. A., & Dami, Z. A. (2018). Upaya Pengendalian Diri Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Ciencias: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 109-123


Refbacks

  • There are currently no refbacks.