Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di Sekolah: Kajian Literature

Navy Glenda Tariskova, Dhini Apriliani, Ariadi Nugraha, Yatmidi Yatmidi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk memberikan penjelasan pentingnya peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di sekolah. Penelitian ini dilakukan menggunakan desain literature review yakni mengkaji dan menganalisis dari berbagai jurnal dan menjadi kesimpulan. Adapun hasil dari analisis tersebut adalah guru bimbingan dan konseling mempunyai peranan yang sangat penting dalam meningkatkan perilaku kedisiplinan peserta didik. Hal ini sesuai dengan fungsi bimbingan dan konseling, yaitu membantu peseta didik untuk berkembang secara optimal sesuai dengan perkembangan dan tuntutan yang terjadi di lingkungan.

Keywords


Guru Bimbingan dan Konseling, Kedisiplinan, Siswa

Full Text:

PDF

References


Billah, R. I. (2023). Peran Guru BK dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMAN 2 Binjai. EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 3(2), 1023–1032. https://doi.org/10.56832/edu.v3i2.379

Evi Aeni Rufaedah & Maesaroh. (2021). PERAN GURU BK DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 BALONGAN. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 2(1), 8–15. https://doi.org/10.31943/counselia.v2i2.10

Firosad, A. M. (2019). Peran guru bimbingan dan konseling mengatasi masalah kedisiplinan siswa. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 5(1), 49-61.

Harita, A., Laia, B., & Zagoto, S. F. L. (2022). Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa SMP Negeri 3 Onolalu Tahun Pelajaran 2021/2022. 2(1).

Manshur, A. (2019). Strategi Pengembangan Kedisiplinan Siswa. Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 16–28. https://doi.org/10.36840/ulya.v4i1.207

Mardes, S., Khadijah, K., & Arlizon, R. (n.d.). JPDK: Volume 4 Nomor 1 Tahun 2022 Research & Learning in Primary Education.

Noviaty, D., Yuliansyah, M., & Fauzi, Z. (2018). STRATEGI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MAN 1 BANJARMASIN. JURNAL MAHASISWA BK AN-NUR : BERBEDA, BERMAKNA, MULIA, 4(3), 7.

https://doi.org/10.31602/jmbkan.v4i3.1637

Padil, & Nashruddin. (2021). Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa di Sekolah. Padil & Nashruddin |, 25, 25–36.

Presiden Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia

Yohana, Y., Irhamni, G., & Heiriyah, A. (2019). Strategi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Siswa yang Tidak Disiplin di SMP Negeri 17 Banjarmasin. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 5(2), 115. https://doi.org/10.31602/jbkr.v5i2.2188

Yulus, S. (2021). Efektivitas Konseling Individual Terhadap Kedisiplinan Siswa di SMAN 11 Banda Aceh.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.