Implementasi Karakter Disiplin Melalui Pembiasaan 5S di SD Muhammadiyah Demangan

Abid Rizal Ainul Yaqin, Muhammad Irfan Alfarizi, Suyitno Suyitno, Rini Hastuti

Abstract


Karakter disiplin merupakan aspek penting dalam pembentukan kepribadian individu, terutama pada tingkat pendidikan sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi sejauh mana implementasi pembiasaan 5S (senyum, sapa, salam, sopan, santun) untuk menumbuhkan karakter disiplin siswa di SD Muhammadiyah Demangan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian implementasi karakter disiplin melalui pembiasaan 5S di SD Muhammadiyah Demangan adalah dalam penerapannya sudah berjalan dengan baik, adapun factor pendukung keberhasilan berjalannya program seperti kesadaran warga sekolah akan pentingnya kegiatan program 5S, pembagian tugas tenaga kependidikan dalam mewujudkan tujuan diadakannya program 5S, dan pihak yang terlibat dalam pelaksanaan program 5S. Faktor menghambat dalam pelaksanaan program 5S, yaitu yaitu peserta didik masih sulit untuk dikondisikan, sarana prasarana yang kurang mendukung, dan juga faktor dari orang tua peserta didik.

Keywords


Karakter Disiplin, Implementasi, Pembiasaan 5S, Pembentukan Kepribadian, Pendidikan Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Zuchri. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.

Annisa, F. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah

Dasar. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(1), 69–74.

Ansori, Yoyo Zakaria .(2020). Penguatan Karakter Disiplin Siswa Melalui Peranan Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, FKIP Universitas Majalengka

Harjanty, R., & Mujtahidin, S. (2022). Menanamkan Disiplin Pada Anak Usia Dini. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 271–286.

Pratiwi, I. A. (2020). Pembiasaan budaya 5S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun) untuk menumbuhkan nilai karakter dan budi pekerti siswa. Aktualisasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah Untuk Menyiapkan Generasi Unggul Dan Berbudi Pekerti, 1–9.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.