Problematika yang Dihadapi Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Kelas V di SD Muhammadiyah Notoprajan

Aldi Pratama, Ayu Arum Yulianti, Rahmat Danisyah Prihantono, Amalia Ulfah, Nirnala Arum Pratiwi

Abstract


Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui apa problematika yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka pada kelas V di SD Muhammadiyah Notoprajan dan Bagaimana solusi dalam menghadapi problematika yang dihadapi guru saat mengimplementasikan kurikulum merdeka pada kelas V di SD Muhammadiyah Notoprajan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian guru kelas V. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Problematika yang dihadapi Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Kelas V di SD Muhammadiyah Notoprajan yaitu:(1) kurangnya persiapan dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka pada pembelajaran (2) permasalahan pembaharuan capaian pembelajaran (CP) (3) guru baru menangani kelas V dengan menerapkan kurikulum merdeka
(4) format RPP yang berubah menjadi modul ajar (5) siswa mengalami kesulitan untuk mengikuti kegiatan literasi (6) ketidakefektifan pembelajaran akibat kelas digabung (7) siswa kelas V belum bisa memahami pembelajaran dengan baik. Berdasarkan permasalahan tersebut dapat diberikan solusi sebagai jalan keluar dari permasalahan tersebut, antara lain Berkomunikasi antar guru kelas yang telah menerapkan kurikulum merdeka, Mengembangkan kemampuan diri, Terbuka dengan media digital yang berkembang di sekitar, Mengatur manajemen dengan baik, Membiasakan kegiatan literasi bagi siswa, dan Memperbanyak referensi terkait implementasi kurikulum merdeka belajar.


Keywords


Problematika, Guru, Penerapan Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF

References


Bado, B. (2021). Model Pendekatan Kualitatif: Telaah Dalam Metode Penelitian Ilmiah. In Pengantar Metode Kualitatif.

Jaya, F. (2022). Buku Perencanaan Pembelajaran. In Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan (Vol. 15, Issue 2, pp. 13–26).

Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, 9–46.

http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/25344

Mulyasa. (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Jakarta: PT Bumi Aksara. Pratama,

T. B., Sapitri, R., & Sudaryanto, S. (2023, July). Problematika guru dalam adaptasi kurikulum merdeka di smpn 3 berbah dan solusinya. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (Vol. 3, No. 1, pp. 138-145).

Rachmawati, D. W., & Dkk. (2021). Teori dan Konsep Pedagogik.

Sapitri, R., & Pratama, T. B. (2022). Problematika Guru dalam Adaptasi Kurikulum Merdeka di SMPN 3 Berbah dan Solusinya. 2964–1888, 138–145.

Sari Ramdhani, I. (2020). Disrupsi Pembelajaran Bahasa Indonesia Menuju Merdeka Belajar Di Era Kenormalan Baru. Universitas Muhammadiyah Tangerang, 8(2), 17–28.

http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/8349

Shofa, R. (2017). Kreativitas Guru Dalam Mengatasi Problematika Implementasi Kurikulum 2013 Di SDN 02 Durenan Trenggalek. BMC Public Health, 5(1), 1–8. https://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/siklus/article/view/298%0Ahttp://repositorio.unan. edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jana.2015.10.005%0Ahttp://www.biom edcentral.com/1471-2458/12/58%0Ahttp://ovidsp.ovid.com/ovidweb.cgi?T=JS&P

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan pendidikan merdeka belajar (telaah metode pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.