Kreativitas Guru Dalam Menumbuhkan Pemahaman Peserta Didik Kelas V Dalam Strategi Golden time “Soal” Di SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta

Annisah Nurjanah, Nadia Retno Wulandari, Sugeng Riyanto, Dewi Endarsati

Abstract


Pada penelitian ini mendeskripsikan tentang kereativitas guru dalam menumbuhkan pemahaman peserta didik kelas V dalam strategi golden time “soal” di SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta. Penelitian yang dilakukan meliputi kreativitas guru kelas V dalam strategi golden time dalam pemberian soal. Guru saat ini harus bisa kreatif untuk memahamkan peserta didiknya dengan strategi apa pun, sehingga di sekolah SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta ini menggunakan strategi Golden time yaitu pemberian soal pada pagi hari. Golden time soal bertujuan untuk pemanfaatan waktu sehingga peserta didik dapat kondusif saat pagi hari selagi menunggu teman-temannya yang berangkat ke sekolah dan melatih ingatan peserta didik dalam pembelajaran sebelumnya tidak hanya itu akan tetapi juga melatih peserta didik dalam memanfaatkan waktu luangnya untuk kegiatan yang positif. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan pengumpulan data pengamatan (observasi), wawancara guru kelas, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi golden time menumbuhkan pemahaman peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta.

Keywords


Kreativitas Guru, Pemahaman Peserta Didik, Strategi Golden time.

Full Text:

PDF

References


Fitriyani, Y., Supriatna, N., & Sari, M. Z. (2021). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 97-109.

Hanut, M., Novianti, C., & Boleng, B. (2023). Pengaruh Kreativitas Guru terhadap Minat Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Rangang Kecamatan Pacar Kabupaten Manggari Barat. Jurnal Pendidikan , 5 (3), 6440-6445.

Irawan, A. (2022). Kreativitas Guru dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik. SKULA: Jurnak Pendidikan Profesi Guru Madrasah 2(2), 199-210.

Kurniati, P., Kelmaskouw, AL, Deing, A., Bonin, B., & Haryanto, BA (2022). Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 408–423.

Lisnawati, C. Salfiyadi, T. (2023). Peran Pimpinan dalam Meningkatkan Kreativitas Guru. Pernerbit NEM.

Oktavia, Y. (2020). Upaya Kepala Sekolah dalam meningkatkan kreativitas guru dalam pembelajaran di Sekolah Dasar.

Bahana Jurnal Manajemen Pendidikan , 2 (1), 808-815.

Oktaviani. N. (2023). Kreativitas Guru dalam Inovasi Pendidikan di Indonesia. Thesis Commons.

Pentury, H. J. (2017). Pengembangan kreativitas guru dalam pembelajaran kreatif pelajaran Bahasa Inggris. Faktor:

Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 265-272.

Salsabila, U. H. Ramandhani, D. M. Ayunissa, R. Qurrata’ayun, A. Sadiah, H. (2023). Peran Teknologi dalam

Mengembangkan Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam di Era Merdeka Belajar. al-Afkar, Journal For Islamic Studies 6(1), 260-270.

Sari, D. R. Jarkawi, J. (2022). Kreativitas Guru dalam Pendidikan. Proceeding: Islamic University of Kalimantan.

Savitri, D. I. (2020). Peran Guru SD di Kawasan Perbatasan Pada Era Pembelajaran 5.0 dan Merdeka Belajar. Prosiding

Seminar Nasional Pendidikan Dasar Vol 2, 274–279.

Sibuea, S., Ramadhani, A., Aprilia, D., Pohan, N., & Amiruddin, A. (2023). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKN. Jurnal Pendidikan, 5 (2), 2123-2129.

Supriadi, D. (2017). Implementasi Manajemen Inovasi dan Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jurnal Kependidikan: Manajemen dan Administrasi, 1(2). 125-132).

Syaikhudin, A. (2013). Pengembangan Kreativitas Guru Dalam Proses Pembelajaran. LISAN AL-HAL: Jurnal Perkembangan Pemikiran dan Kebudayaan , 7 (2), 301-318.

Zabidi, A. (2019). Kreativitas Guru Dalam Memanfaatkan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Pai Di Sd Sekecamatan Bawen Kabupaten Semarang. Jurnal Inspirasi, 3(2), 128–144.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.