Implementasi Penerapan Profil Pelajar Pancasila Melalui Mata Pelajaran P5 dalam Meningkatkan Kemampuan Critical Thingking pada Peserta Didik Kelas 1 SD Muhammadiyah Kalipakem 1

Channigiavani Kaba Ibraini, Yunitra Yunitra, Sastra Hadi Wijaya, Dholina Inang Pambudi, Tumilah Tumilah

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai implementasi penerapan profil pelajar pancasila melalui mata pelajaran P5 dalam menggunakan kemampuan Critical Thingking pada peserta didik kelas 1 di SD Muhammadiyah Kalipakem 1. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi profil pelajar pancasila dalam mata pelajaran P5 di kelas 1 menggunakan kemampuan critical thingking.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara. Data yang dianalisis kemudian dijabarkan dalam bentuk deskripsi paragraf. Hasil penelitian ini menunjukkan pada 1) implementasi profil pelajar pancasila dalam pembelajaran P5 peserta didik kelas 1 SD Muhammadiyah Kalipakem 1, 2) metode yang dilakukan untuk dapat menerapkan profil pelajar pancasila dalam pembelajaran P5 di SD Muhammadiyah Kalipakem 1, 3) indikator keberhasilan pelaksanaan implementasi profil pelajar pancasila dalam pembelajaran P5 Peserta didik kelas 1 SD Muhammadiyah Kalipakem 1, 4) faktor pendukung serta penghambat implementasi profil pelajar pancasila dalam pembelajaran P5 peserta didik kelas 1 SD Muhammadiyah Kalipakem 1, dan 5) kemampuan critical thingking pada peserta didik kelas 1 SD Muhammadiyah Kalipakem 1 pada pembelajaran P5.


Keywords


Implementasi, Profil Pelajar Pancasila, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Crtical Thingking

Full Text:

PDF

References


Fadhilah, M. N. (2022). Peran Kegiatan Green Lab Dalam Meningkatkan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar Alam. SITTAH: Journal of Primary Education, 3(2), 161- 174.

Maruti, E. S., Malawi, I., Hanif, M., Budyartati, S., Huda, N., Kusuma, W., & Khoironi, M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Jenjang Sekolah Dasar. Abdimas Mandalika, 2(2), 85-90.

Wijaya, S., Sumantri, M. S., & Nurhasanah, N. (2022). Implementasi Merdeka Belajar Melalui Strategi Pembelajaran Terdiferensiasi Di Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1495-1506.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.