Implementasi Character Building Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SD Muhammadiyah Bodon

Ella Kusuma Wardani, Della Puspita, Mukti Sintawati, Teguh Windarto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai implementasi character building melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Sedangkan lokasi penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah Bodon pada bulan Agustus-September 2023. Partisipan dari penelitian ini melibatkan guru, staff, dan siswa. Teknik pengumpulan data mencakup observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa implementasi character building di SD Muhammadiyah Bodon. Adapun karakter yang diintegrasikan yaitu beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta memiliki akhlak yang mulia, Berbhineka global, Bergotong royong, Mandiri, Bernalar kritis, dan Kreatif. Dalam implementasi pembentukan karakter tersebut dapat dicapai dengan aktivitas atau kegiatan terprogram bahkan pembiasaan yang dilakukan di tersebut.

Keywords


Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka, Character Building

Full Text:

PDF

References


Anggorowati, E. L., Shinta, A. A. M., Nafi’ah, E. R., & Lathif, S. (2020). Peran Pendidikan Karakter Sebagai Wujud Pendidikan Berkualitas Sesuai Dengan Tujuan Sustainable Development Goals (SDGs). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi V 2019, 354–361.

Fadli, R., & Hakiki, M. (2020). Validitas Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 1(1), 9–15. https://doi.org/10.52060/pti.v1i1.302

Hamzah, R. A., Mesra, R., & Karo, K. B. (n.d.). Strategi Pembelajaran Abad 21.

Kahfi, A. (n.d.). Implikasi terhadap Karakter Siswa di Sekolah Implementation Of Pancasila a Student Profile And Implication For Student at School. 138–151.

Menguatkan, U., Peserta, K., Ulandari, S., & Dwi, D. (2023). JURNAL MORAL KEMASYARAKATAN Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai. 8(2), 116–132.

Nggano, H. E., Arifin, I., & Juharyanto. (2022). Pembentukan Profil Pelajar Pancasila Ditinjau Dari Konsep Society 5.0. Seminar Nasional Manajemen Strategik

Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Pada Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), h.1.

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia Restu Rahayu 1 , Sofyan Iskandar 2 , Yunus Abidin 3. 6(2), 2099–2104.

Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 7096–7106. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3296

Sulistiyaningrum, T., & Semarang, N. (2023). Jurnal Profesi Keguruan. 9(2), 121–128.

Tirtoni, F. (2022). Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Karakter Dasar Generasi Muda. Inventa, 6(2),210–224. https://doi.org/10.36456/inventa.6.2.a6237

Yuniardi, A. (n.d.). Implementasi p5 dengan penerapan pendidikan karakter melalui kegiatan kedisiplinan peserta didik pada pkbm. 2023, 41–45.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.