Implementasi Pembelajaran Model Project Based Learning Terhadap Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran IPAS SD Muhammadiyah Banguntapan

Stefhan Alfan Putra, Annisa Septia Rahayu, Nur Azziah, Diyah Puspitarini, Amanah Ibbni Tsalasa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran IPAS di SD Muhammadiyah Banguntapan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV. Metode penelitian ini adalah kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis melalui beberapa tahap: pertama, reduksi data; kedua, penyajian data; ketiga, penarikan kesimpulan; dan terakhir, verifikasi data. Subjek penelitian terdiri dari guru kelas IV dan semua siswa kelas IV di SD Muhammadiyah Banguntapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis proyek efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV. Siswa mampu mengemukakan ide, mengamati, menganalisis, mencoba, mengevaluasi, dan menyelesaikan masalah dengan baik.

Keywords


Project based learning, critical thinking, IPAS SD

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas Tinggi. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 8(1), 84-90.

Asih, A. G., & Mursiti, S. (2018). KeefektifanVideo Pembelajaran Etnosains DalamModel Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Berpikir Kritis Siswa. Chemistry inEducation, 7(2), 41–45.

Fahrezi, I., Taufiq, M., Akhwani, A., & Nafia’ah, N. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 408. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.28081

Farib, P. M., Ikhsan, M., & Subianto, M. (2019).Proses Berpikir Kritis Matematis SiswaSekolah Menengah Pertama MelaluiDiscovery Learning. Jurnal Riset PendidikanMatematika, 6(1), 99–117.https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.21396

Fathurrohman, M. (2016). Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyayakarta: Ar-ruzz Media

Kemdikbud. (2014). Materi pelatihan guru implementasi kurikulum 2013 tahun ajaran 2014/2015: Mata pelajaran IPA SMP/MTs. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Maryani, I. (2019). Pengembangan E-Modul Berbasis Literasi Sains Materi Organ Gerak Hewan dan Manusia Kelas V SD. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 2(1), 28-34.

Nahdi, D. S., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Materi Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9-16.

Poerbakawatja, Soeganda dan Harahap (2012).Ensiklopedia Pendidikan, Cet. III; Jakarta: Gunung Agung.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suharyati, T., & Arga, H. S. P. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran PPKn di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan (JPP), 2(1), 45-53.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.