Eksplorasi Kemampuan Komunikasi Bahasa Inggris Siswa Smk Dalam Persiapan Karir

Ahmad Baghir Hasan Pratama, Dhani Suryandono, Hendra Darmawan, Linda Puspita

Abstract


Eksplorasi kemampuan komunikasi bahasa Inggris siswa SMK merupakan sebuah penelitian yang bertujuan untuk mempelajari sejauh mana siswa SMK memiliki kemampuan komunikasi yang baik dalam bahasa Inggris di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta dan pembelajaran yang signifikan kepada persiapan karir untuk peserta didik dengan mempelajari mengenai interview kerja. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Pada proses analisis data, peneliti menggunakan model Miles dan Hubberman yaitu model kualitatif seperti: 1) Reduksi data, memilih data pokok, peringkasan, tema, serta pola untuk data pokok. 2) Penyajian data, berbentuk penjelasan hubungan kategori, grafik agar data mudah dipahami. 3) Kesimpulan, disesuaikan dengan fokus penelitian dan hasil penelitian. Hasil penelitian setelah mengeksplorasi kemampuan komunikasi bahasa Inggris menyimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan teks interview terbukti menjadi salah satu persiapan untuk karir peserta didik dan menjadi dasaran untuk peserta didik menguasai kemampuan berkomunikasi bahasa Inggris.

Keywords


Komunikasi, Interview, Karir

Full Text:

PDF

References


Mason, B., & Krupa, R. (2016). English for communication in the vocational classroom. Cambridge University Press.

Marsaoly, H. S. (2017). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Doherty, M. (2012). English for Careers: Business, Professional and Technical. Garnet Education.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Aziz, S. (2017). The importance of English for students' career success. Journal of Educational and Social Sciences, 6(2), 91-96.

Marudi, A. (2018). The role of English language proficiency in career advancement. International Journal of Education and Research, 6(3), 237-244.

Hedge, T. (2008) Teaching and Learning in The Language Classroom. New York: Oxford University Press

Celce-Murcia, M., Brinton, D.M., & Snow, M.A. (2014). Teaching English as a second or foreign language (4th ed.). Heinle Cengage Learning.

Nunan, D. (2016). Language teaching methodology. Routledge.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.