Perbandingan Minat Belajar PAI dengan Matematika di SMK Muhammadiyah Cangkringan

Rita Septiana, Yusron Masduki, Nur Alifah Inayatullah

Abstract


Sekolah berfungsi sebagai lembaga pendidikan di mana siswa dapat memperoleh berbagai jenis pengetahuan, termasuk ilmu agama, ilmu non-agama, dan ilmu pengetahuan umum. Mata pelajaran agama Islam juga diajarkan di sekolah negeri, tetapi dalam jumlah yang lebih sedikit dibandingkan dengan sekolah Islam swasta. Di sekolah swasta, siswa diharapkan memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang ilmu agama, tetapi juga diharapkan memiliki pemahaman yang kuat tentang ilmu pengetahuan dan teknologi. Meskipun demikian, minat siswa terhadap mata pelajaran agama dan matematika di SMA cenderung rendah. Faktor ini mendorong penulis untuk melakukan penelitian guna memahami alasan di balik ketidakminatan siswa terhadap mata pelajaran agama dan matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan siswa kurang tertarik pada mata pelajaran agama dan matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang melibatkan pengamatan langsung selama kegiatan PLP 1. Sumber data penelitian ini berasal dari interaksi pembelajaran di dalam kelas. Data dikumpulkan melalui pengamatan langsung atau observasi serta wawancara yang dilakukan selama periode satu minggu.

Keywords


Minat Belajar Siswa, Perbandingan, Pendidikan Agama Islam, Pelajaran

Full Text:

PDF

References


-ID-peningkatan-minat-belajar-peserta-didik. (n.d.).

Afifudin, M. N., Latif Khoiruddin, M. A., Muhammad, D., & Hamid, A. (2020). PERBANDINGAN MINAT SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN AGAMA DENGAN MATA PELAJARAN UMUM DI SMP AL ISLAM KARTASURA Artikel info Abstrak. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(1), 20–24.

Al Fuad dan Zuraini, Z., Yang, F.-F., Al Fuad, Z., Zuraini, dan, Kunci, K., Belajar, M., PGSD STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh, D., & PGSD STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh, A. (n.d.). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR SISWA KELAS I SDN 7 KUTE PANANG.

Al Fuad dan Zuraini, Z., Yang, F.-F., Tunas Bangsa, J., Al Fuad, Z., Zuraini, dan, Kunci, K., Belajar, M., PGSD STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh, D., & PGSD STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh, A. (n.d.). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR SISWA KELAS I SDN 7 KUTE PANANG.

Fkristina Ta’dungan. (2021). PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VII. Journal Homepage: Https://Jurnal.Uns.Ac.Id/Seeds/Index, 5(2).

Jurnal, P:, Psikologi, L., Mukkaromah, L., & Vardia, M. A. (2021). Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP NU Al-Fudloli. In PSIKODINAMIKA: JURNAL LITERASI PSIKOLOGI (Vol. 1, Issue 2)

Nugroho, M. A., Muhajang, T., & Budiana, S. (2020). PENGARUH MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 03, 42–46. http://journal.unpak.ac.id/index.php/jppguseda

Nurhana Friantini, R., & Winata, R. (n.d.). ANALISIS MINAT BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA.

Nuritno, R., Raharjo, H., Winarso, W., & Matematika, T. (n.d.). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA.

Pendidikan, J., & Perkantoran, M. (2016). MINAT BELAJAR SEBAGAI DETERMINAN HASIL BELAJAR SISWA (Learning Interest as Determinant Student Learning Outcomes) (Vol. 1, Issue 1). http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000

Pendidikan, J., & Perkantoran, M. (2017). Impak minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa (The impacts of students’ learning interest and motivation on their learning outcomes) (Vol. 2, Issue 2). http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000

prasetiawan, j. (2012, juli). Diambil kembali dari core.ac.uk: https://core.ac.uk/download/pdf/33538651.pdf

Rijal Fadli, M. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1

Simbolon, N. (n.d.). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK. http://sholahuddin.edublogs.org/2012/04/2

slameto. (2015). belajar dan faktor faktor yang mempengaruhinya. jakarta: PT Rineka cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.