Penanaman Pendidikan Karakter Menurut Imam Al-Ghazali di SMP Muhammadiyah 3 Mlati Sleman

Ronna Dinara, Yusron Masduki, Muhammad Naufal Surya Ramadhan, Sri Hadi Sayekti

Abstract


Pembentukan individu yang unggul sangat dipengaruhi oleh pendidikan karakter dari sudut pandang akademis dan moral. Penelitian ini menjelaskan pendekatan pembentukan kepribadian siswa SMP Muhammadiyah 3 Mlati dengan berpedoman pada pendapat Imam Al-Ghazali. Melalui penerapan konsep ilmu, amal dan ihsan, sekolah ini berkomitmen untuk membina siswa yang cerdas dan berakhlak mulia sesuai ajaran Islam. Penelitian ini juga membahas prinsip-prinsip penting yang diajarkan Al-Ghazali untuk menumbuhkan karakter siswa. Pertama, penting untuk memahami tujuan hidup dan meletakkannya dalam konteks yang lebih luas yaitu mencapai kebahagiaan di kehidupan selanjutnya. Kedua, perlunya mengembangkan akal sehat melalui pembelajaran, pemikiran, dan pemahaman yang cermat. Ketiga, berupaya mengendalikan nafsu dan emosi melalui pendidikan moral dan disiplin diri.

Keywords


Karakter, Penanaman, Pendidikan, Siswa

Full Text:

PDF

References


Abidin, A. M. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Melalui Metode Pembiasaan. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 183-196.

Al-Ghazali, I. (2008). Ringkasan ihya'ulumuddin. Akbar Media.

Anwar, K. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter di SMP Negeri I Rejang Lebong (Doctoral dissertation, IAIN Curup).

Bhakti, C. P. (2017). Program bimbingan dan konseling komprehensif untuk mengembangkan standar kompetensi siswa. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 131-132.

Dirsa, A., & Kusumawati, I. (2019). Implementasi Pemikiran Imam Al-Ghazali tentang Pendidikan Karakter. Academy of Education Journal, 10(02), 159-169.

Fadli, A. (2017). Konsep Pendidikan Imam Al-Ghazali Dan Relevansinya Dalam Sistem Pendidikan Di Indonesia. El-Hikam, 10(2), 276-299.

Hadi, M. N. (2019). PEMBELAJARAN KITAB BIDAYAT AL-HIDAYAH DALAM MEMBINA AKHLAK PESERTA DIDIK MA UNGGULAN AL-HIKMAH PASIR MIJEN DEMAK (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).

Hanani, D. (2016). Pendidikan karakter anak menurut imam al-gazali. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 1(1), 46-53.

Heri Gunawan, Pendidikan Karakter konsep dan Implementasinya (Bandung : Alfabeta, 2014), 28

JUFRI, N. (2017). INTEGRASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MEMBENTUK KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SD NEGERI 1 BARUGA KOTA KENDARI (Doctoral dissertation, IAIN KENDARI).

Kurniawan, S. (2017). Pendidikan karakter dalam Islam pemikiran Al-Ghazali tentang pendidikan karakter anak berbasis Akhlaq al-Karimah. Tadrib, 3(2), 197-216.

Muhammadiyah, P. P. DIY. (2022). "Kegiatan Ekstrakurikuler SMP Muhammadiyah 3 Mlati." Diakses dari http://smp3mlati.sch.id/ekskul/

Pratiwi, N. K. S. P. (2018). Pentingnya Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 83-90.

Safitri, D., Zakaria, Z., & Kahfi, A. (2023). Pendidikan Kecerdasan Spiritual Perspektif Al-Ghazali Dan Relevansinya Dengan Emotional Spiritual Quotient (Esq). Tarbawi: Jurnal pemikiran dan Pendidikan Islam, 6(1), 78-98.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung:Alfabeta.

Yanti, N., Adawiah, R., & Matnuh, H. (2016). Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam rangka pengembangan nilai-nilai karakter siswa untuk menjadi warga negara yang baik di SMA KORPRI Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6 (11).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.