Upaya Guru Menanamkan Nilai-Nilai Akhlak dan Kepribadian Peserta Didik dalam Sekolah SMK Muhammadiyah Imogiri

Seftika Nur Asyiah, Hanif Cahyo, Mukhtar Pangestu

Abstract


Penanaman nilai akhlak adalah suatu proses yang esensial dalam membentuk karakter dan moral individu dalam masyarakat. Nilai-nilai akhlak menjadi pedoman untuk tindakan, perilaku, dan interaksi sehari-hari. Abstrak ini membahas pentingnya penanaman nilai akhlak, peran guru sebagai model peran, dan dampaknya terhadap pembentukan individu yang beretika. Tujuan utama dari penanaman nilai-nilai akhlak adalah membentuk karakter individu yang baik. Ini melibatkan pembentukan sifat-sifat positif seperti jujur, amanah, disiplin, rendah hati, dan empati. Pengembangan etika sosial, pembentukan kepribadian berkualitas. metode ini dilakukan menggunakan metode kualitatif. Dengan pengumpulan data secara observasi dan wawancara. Secara keseluruhan, penanaman nilai akhlak memiliki peran penting dalam membentuk masyarakat yang beretika dan harmonis. Dengan dukungan guru yang berdedikasi dan lingkungan pendidikan yang mendukung, individu dapat tumbuh menjadi warga yang bertanggung jawab, berempati, dan mampu menghadapi kompleksitas etika dalam kehidupan modern.

Keywords


Nilai-nilai, Kepribadian, Akhlak

Full Text:

PDF

References


Amin, Misbahuddin. (2017). KOMPETENSI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AKHLAK MULIA DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH. Didaktika (Jurnal Kependidikan, Jurusan Tarbiyah STAIN Watampone), 11(2), 184-187.

Fitriana Evi, Muflihin Ahmad. (2020). Pengaruh Lingkungan Sekolah Islami Terhadap Akhlak Peserta Didik Di MA Hidayatul Mubtadi’in Bulusari Sayung Demak. Prosiding KONFERENSI ILMIAH MAHASISWA UNISSULA (KIMU) 4.

Hanip, Lathifatul Izzah dan M. (2018). Implementasi Pendidikan Akhlak dalam Pembentukan Akhlak Keseharian Santri Sunan Gunung Jati Gesing Kismantoro Wonogiri Jawa Tengah. LITERASI, 9(1), 64-68.

Hikmawati, Muh. Yahya dkk. (2022). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 6(3), 4117 – 4124. DOI : https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2717

Jannah, Miftahul. (2019). PERANAN GURU DALAM PEMBINAAN AKHLAK MULIA PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI MIS DARUL ULUM, MADIN SULAMUL ULUM DAN TPA AZ-ZAHRA DESA PAPUYUAN). Al-Madrasah (Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah), 3(2), 2620-7184.

Latifah, Atik (2020). Peran Lingkungan dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal), 3(2), 102-105.

Nugroho Warasto Hestu. (2018). PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA (Studi Kasus Sekolah Madrasah Aliyah Annida Al-Islamy, Cengkareng). JURNAL MANDIRI, 2(1), 65 – 86.

Rosyidah, Euis. (2019). UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI TPQ AL-AZAM PEKANBARU. Al-Idarah (Jurnal Kependidikan Islam), 9(2), 181-187.

Shofa Lubis Nada. (2022). Pembentukan Akhlak Siswa di Madrasah: Kontribusi Lingkungan Sekolah, Kompetensi Guru, dan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 138-139. DOI: 10.25299


Refbacks

  • There are currently no refbacks.