Upaya Sekolah Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah Kalasan

Tegar Tegar, Yusutria Yusutria, Suratno Suratno

Abstract


Upaya Sekolah Dalam meningkatkan kualitas PAI di SMA Muhammadiyah Kalasan. Alasan penelitian ini di karena kan oleh tuntunan dari orang tua siswa yang mana menginginkan pendidikan terbaik bagi anaknya. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan  wawancara serta observasi dan dokumentasi. Hasil yang saya dapat dalam meneliti di SMA Muhammadiyah Kalasan  dapat diketahui untuk yang pertama yakni upaya SMA Muhammadiyah Kalasan untuk meningkatkan kualitas PAI adalah memberikan mata pelajaran keagamaan yang luas untuk siswa dan juga pihak sekolah menyediakan sarana atau prasarana untuk menunjang pelajaran. Yang Kedua Dari Orang Tua siswa (Respon) Yang mana untuk mengupayakan sekolah dalam meningkatkan kualitas Pendidikan Agama Islam serta orangtua harus berpartisipasi pada anaknya contoh : meluangkan waktu anaknya atau menemani anak belajar dan juga mencukupi apa yang dibutuhkan anaknya dalam keperluan belajar siswa.

Keywords


Upaya Sekolah, Kualitas Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF

References


Aktif, P., Mata, P., & Pendidikan, P. (2019). Oleh : Japari.

AMELIA, I. (2017). STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DISEKOLAH

Andriani, D. T. (2016). Penanaman sikap toleransi melalui pendidikan agama Islam.

Astari, A. (2017). IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus di SMP Plus Ar-Rahmat Bojonegoro), 1–14.

Eni. (1967). PELAKSANAAN METODE KOLABORATIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL WASI’AH SIMALINYANG KECAMATAN KAMPAR KIRI TENGAH KABUPATEN KAMPAR. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Haderani. (2019). Peran Keluarga dalam Mendukung PAI yang berkualitas disekolah.

Harto, B. (2016). Menciptakan Lingkungan Religious Pada Lembaga Pendidikan Islam. Ta’dib, 14(2).

Juliani, A. (2015). UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.151, 10–17.

Khalik, R. (2018). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Akhlak Siswa.

Kuddus, M. (2019). INTERNALISASI NILAI- NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER.

M.Pd, D. I. C. (2005). Pembentukan karakter melalui pendidikan islam. Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Islam, 01, 1–17.

Maylisa, D. (2020). Peranan Guru Pendidikan Agama islam dalam membentuk karakter islami siswa di SMK Muhammadiyah 1 Seputih Banyak.

Muddin Imam. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Menggunakan Pendekatan Ilmiah. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(3), 168–178.

Mukrimaa, S. S., Nurdyansyah, Fahyuni, E. F., YULIA CITRA, A., Schulz, N. D., غسان, د., … Harmianto, S. (2016). KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.

Mukrimaa, S. S., Nurdyansyah, Fahyuni, E. F., YULIA CITRA, A., Schulz, N. D., غسان, د., … Harmianto, S. (2016). Pemanfaatn media sosial sebagai sarana Pendidikan Agama Islam di Seokolah. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.

Oktari, W., Harmi, H., & Wanto, D. (2020). Strategi Guru Dalam Pembelajaran Pai Pada Anak Berkebutuhan Khusus. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 13. https://doi.org/10.30659/jpai.3.1.13-28

Pustaka, A. D., Pendidikan, M., & Kemitraan, B. (2014). MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS KEMITRAAN DALAM PEMBELAJARAN PAI.

Reality, A. (2021). Pembelajaran Agama Islam dengan Teknologi Augmented Reality untuk Kelompok Diniyah Anak, 50(Desember).

Saleh, B. (2013). Model Pengembangan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 142–157.

Salim, H. dan. (2012). Strategi Pendidikan Agama Islam, 02(01), 412–420.

Sirajuddin. (2016). PERANAN KOMITE SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.

Solichin, M. M. (2007). PENGEMBANGAN EVALUASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS RANAH AFEKTIF M. Muchlis Solichin. Tadris, 2, 76–91.

Wage, & Sulaeman, A. (2016). Pemberdayaan pendidikan agama Islam di sekolah dan perguruan tinggi umum. Islamadina, XVII, 31–40.

Yahya, A. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Teknologi Dan Bisnis, 4(2), 155–162. https://doi.org/10.37087/jtb.v4i2.105


Refbacks

  • There are currently no refbacks.