Efektivitas Sekolah 5 Hari Di SMP Muhammadiyah 1 Minggir

Ucok Putra Pratama, Yusutria Yusutria, Muharammudin Muharammudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dampak pengurangan hari sekolah dari 6 menjadi 5 hari dalam seminggu terhadap kinerja akademik siswa dan implikasinya terhadap kesejahteraan mereka. Metode penelitian melibatkan analisis data absensi, wawancara dengan siswa, guru, dan orang tua, serta pemantauan partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler. Hasil menunjukkan adanya peningkatan absensi siswa yang sakit saat peralihan jadwal dan perubahan dalam partisipasi ekstrakurikuler. Guru melaporkan tantangan dalam mengajar siswa yang lelah, sementara siswa yang senang dengan perubahan menganggap waktu libur lebih bermanfaat. Meskipun belum ada perbedaan signifikan dalam perkembangan kognitif, implikasi psikologis mulai terlihat, meskipun perlu penelitian lebih lanjut. Kesimpulannya, perubahan jadwal sekolah berdampak pada kesejahteraan siswa dan metode pengajaran. Meskipun terdapat tantangan, perubahan ini memiliki potensi manfaat yang signifikan. Penelitian ini memberikan pandangan awal tentang dampak perubahan jadwal, dan hasilnya dapat membantu dalam pengambilan keputusan pendidikan yang lebih baik di masa depan.

Keywords


Pengurangan, Kinerja, Kesejahteraan, Partisipasi, Dampak

Full Text:

PDF

References


Adha, M. A., Gordisona, S., Ulfatin, N., & Supriyanto, A. (2019). Analisis Komparasi Sistem Pendidikan Indonesia dan Finlandia. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 145. https://doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.1102

Agustyaningrum, N., & Himmi, N. (2022). Best Practices Sistem Pendidikan di Finlandia sebagai Refleksi Sistem Pendidikan di Indonesia. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 2100–2109. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2234

Ainul Khasanah, U., Indrayati Program Studi Ilmu Keperawatan, N., & Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal, S. (2019). HUBUNGAN PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK USIA SEKOLAH. In Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa (Vol. 2, Issue 3).

Alfiansyah, M., Shaleh Assingkily, M., & Prastowo, A. (2020). KEBIJAKAN INTERNAL MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MI NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA. http://www.ojs.serambimekkah.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/1213/985.

Ariandy, M. (2019). Kebijakan Kurikulum dan Dinamika Penguatan Pendidikan Karakter di Indonesia. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(2), 137–168. https://doi.org/10.32533/03201.2019

Asrial, Syahrial, Hariyanto, I. S. W., Ali, R.M., Setiono, P., Budiono, H., Ewigia, W. A. (2018). Buku Panduang Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) (revisi ke-) (FKIP Unive). Jambi

Hasanah, K. (2019). Khuswatun Hasanah: Strategi Lobi dan Negosiasi Nahdlatul Ulama dalam Konflik … STRATEGI LOBI DAN NEGOSIASI NAHDLATUL ULAMA DALAM KONFLIK KEBIJAKAN HARI SEKOLAH. http://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/alfuad

Ibrahim, I., Gunawan, G., & Kosim, K. (2020) Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Model Discovery Dengan Pendekatan Konflik Kognitif. Jurnal Pijar MIPA, 15 (3), 214-218.

Indahri, Y., & Abstrak, ). (2009). Kajian Singkat terhadap Isu Aktual dan Strategis KEBIJAKAN LIMA HARI SEKOLAH. www.puslit.dpr.go.id

ismail, shalahudin, suhana, suhana, & zakiah, qiqi yulianti. (2020). ANALISIS KEBIJAKAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEWUJUDKAN PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH.

Khusna, atul, Mufridah, L., Sakinah, matu, & Fadia Annur, A. (2022). Gerakan Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Agustus, 2(2), 2962–746. https://doi.org/10.35878/guru/v2.i2.454

Lestari, H. (2021). SKRIPSI HENI LESTARI 210317203. http://etheses.iainponorogo.ac.id/14154/1/SKRIPSI%20HENI%20LESTARI%20210317203.pdf

Mini. (2019). PENERAPAN 5 HARI SEKOLAH DI SD ISLAM TERPADU (SDIT) AL-QONITA PALANGKA RAYA. file:///C:/Users/HP/Downloads/Skripsi%20Mini-1401111848.pdf

Minsih, M., Rusnilawati, R., & Mujahid, I. (2019). KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBANGUN SEKOLAH BERKUALITAS DI SEKOLAH DASAR. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 29–40. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.8467

Muryanti, E., & Herman, Y. (2021). Studi Perbandingan Sistem Pendidikan Dasar di Indonesia dan Finlandia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1146–1156. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1696

Penelitian, J., Pembelajaran, D., Indonesia, F., Hidayat, R. K., Makhrus, M., & Darmawan, M. I. (2021). Pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) FKIP Universitas Mataram Bidang Studi Pendidikan Fisika di MAN 1 Lombok Timur.

Ridhwan, O. :, Daud, M., Tarbiyah, F., Keguruan, D., & Ar-Raniry, U. (2020). SISTEM PENDIDIKAN FINLANDIA SUATU ALTERNATIF SISTEM PENDIDIKAN ACEH. https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-finlandia/.

Rimbano, D., & Rahma, M. (2019). KEBIJAKAN KURIKULUM BERBASIS LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM ADIWIYATA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 24(3), 274–287. https://doi.org/10.35760/eb.2019.v24i3.1876

Sadikin, Ali ., Siburian, Jodion. (2019). Analisis pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) FKIP Universitas Jambi bidang studi pendidikan biologi di SMA PGRI Jambi.

Shinta, M., & Ain, S. Q. (2021). Strategi Sekolah Dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4045–4052. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1507

suryani, rima. (2020). GAMBARAN TINDAKAN KEKERASAN TERHADAP ANAK YANG DIALAMI SISWA SMP DI KABUPATEN PASAMAN TAHUN 2020.

susanto, eri. (2021). ANALISIS DAMPAK KEBIJAKAN PEMBELAJARAN LIMAHARI SEKOLAH PADA PENDIDIKAN DASAR.

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-i, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Tresnani, L. D., & Khoiruzzadi, M. (2020). PROGRAM PEMBIASAAN HARIAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DITINJAU DARI PERSPEKTIF PSIKOLOGI BELAJAR.

Wahid, D., Pd, S. M., Triwahyuni, E., & Pd, M. (2019). 35| Jurnal CONSILIUM (Education and Counseling Journal) DAMPAK PSIKOLOGIS LABELING BAGI SISWA SMP.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.