Perbedaan Perkembangan Nilai Moral Siswa Laki-Laki dan Perempuan di SMA Muhammadiyah Bantul

Zulfiham Hadyan Nadhil, Sutarman Sutarman, Anggraini Jamilatun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perkembangan moral siswa laki-laki dan siswa perempuan di SMA Muhammadiyah Bantul.  Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yang dilakukan di SMA Muhammadiyah Bantul. pada penelitian ini adalah siswa SMA. Fokus penelitian ini adalah interaksi manusia sebagai sumber data yang memberikan informasi tentang perbedaan moral peserta didik laki-lai dan perempuan. Objek penelitian ini adalah kebiasaan berakhlak yang baik sesame guru dan siswa peserta didik yang kemudian dikaitkan dengan tingkat kedisiplinan mereka. Teknik pengumpulan data menggunakan). Teknik analisis data menggunakan analisis informasi terdapat makna pencipta studi dimana akan mengeksplorasi implikasi data diperoleh. Adapun hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah siswa laki-laki memiliki perbedaan perkembangan moral pada tingkat karakteristiknya . Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui perkembangan nilai moral siswa laki-laki dan siswa perempuan pada usia sekolah menengah atas. perbedaan perkembangan nilai moral siswa laki-laki dengan siswi perempuan pada usia sekolah menengah atas. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan pembelajaran dan pendekatan yang lebih efektif dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik melalui penanaman dan kebiasaan berakhlak yang baik antar sesama guru dan peserta didik lainnya. metode observasi kualitatif dimana data yang diperoleh dari melihat kejadian secara langsung di tempat dan mengamati objek yang diteliti.

Keywords


Perbedaan, Perkembangan, Moral, Siswa, Sekolah Menengah Atas

Full Text:

PDF

References


Hardoko, A. (2010). Pengaruh penggunaan model pendidikan moral yang berbeda dan perbedaan jenis kelamin terhadap kematangan moral siswa dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMP Kota Malang. Universitas Negeri Malang.

Kholifah, W. T. (2020). Upaya guru mengembangkan karakter peserta didik sekolah dasar melalui pendidikan ramah anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 115–120.

LN, H. S. Y. (2016). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Remaja Rosdakarya.

Musa, S. H. K. (2022). Strategi Quatum Learning Guru Pai Pada Pembelajaran Era Digital di Masa Pandemi (Studi Kasus di SDN Jomlang 01 Kota Semarang). Universitas Islam Sultan Agung (Indonesia).

Oktovia, S., Yakub, E., & Umari, T. (2022). Perbedaan Perkembangan Moral Siswa Laki-Laki Dan Perempuan di SMAN Olahraga Provinsi Riau. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 8992–8999.

Poni, S., Pangayow, W., & Ngiu, Z. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Moral Siswa Melalui Program Reigious Culture Bagi Siswa Sekolah Menegah Atas (Sma) Negeri 1 Tilamuta. Jurnal Pascasarjana, 2(2), 317–330.

Prabowo, S. H., Fakhruddin, A., & Rohman, M. (2020). Peran orang tua dalam pembentukan karakter anak di masa pandemi covid-19 perspektif pendidikan islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 191–207.

Puteri, R. A. (2022). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Peningkatan Religiusitas Peserta Didik di Smp Islam Terpadu Harapan Bunda Semarang. Universitas Islam Sultan Agung (Indonesia).

Rizal, Y. (2017). Perilaku moral remaja dalam perspektif budaya. JOMSIGN: Journal of Multicultural Studies in Guidance and Counseling, 1(1), 35–44.

Sari, M. P., & Khotimah, N. (2021). Hubungan Peran Orang Tua Dalam Mendukung Kegiatan Belajar Dengan Perkembangan Moral Anak. Kumara Cendekia, 9(3), 193–203.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.