Upaya Guru dalam Penanaman Nilai-Nilai Karakteristik di SMA Muhammadiyah Kasihan

Mohammad Ikhsan Febriyansah, Sutarman Sutarman, Ghufran Hasyim Acmad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya yang dilakukan oleh guru dalam penanaman nilai-nilai karakteristik di SMA Muhammadiyah Kasihan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi.

Keywords


Guru, Penanaman Nilai-Nilai Karakteristik, SMA Muhammadiyah Kasihan, Pendekatan Kualitatif, Observasi, Wawancara, Studi Dokumentasi

Full Text:

PDF

References


Berkowitz, M.W., & Bier, M.C. (2013). Apa yang berhasil dalam pendidikan karakter: Panduan berbasis penelitian untuk pendidik. Kemitraan Pendidikan Karakter.

Battistich, V., & Hom, A. (2016). Hubungan antara perkembangan sosial-emosional dan karakter siswa dengan persepsi guru terhadap iklim sekolah. Jurnal Psikologi Positif, 11(4), 413-426.

Elias, M.J., & Arnold, H. (2014). Panduan pendidik untuk kecerdasan emosional dan prestasi akademik: Pembelajaran sosial-emosional di kelas. Corwin Tekan.

Kristjánsson, K. (2015). pendidikan karakter Aristoteles. Routledge.

Lickona, T. (2013). Mendidik karakter: Bagaimana sekolah kita dapat mengajarkan rasa hormat dan tanggung jawab. Buku Banten.

Lapsley, D.K., & Narvaez, D. (Eds.). (2014). Perkembangan moral, diri, dan identitas. Routledge.

Metzler, A., & Scheithauer, H. (2014). Persepsi guru tentang perilaku prososial dan antisosial di kelas: Peran strategi pengelolaan kelas. Jurnal Kekerasan Sekolah, 13(2), 163-188.

Mengangguk, N. (2018). Tantangan untuk peduli di sekolah: Pendekatan alternatif untuk pendidikan. Pers Perguruan Tinggi Guru.

Nucci, L.P. (2015). Pendidikan dalam ranah moral. Pers Universitas Cambridge.

Ryan, K., & Bohlin, K.E. (2013). Membangun karakter di sekolah: Cara praktis untuk menghidupkan pengajaran moral. Jossey-Bass.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.