Peningkatan keterampilan Public Speaking melalui Teknik Role Play berbasis teks dialog pada Pembelajaran Bahasa Inggris SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Ririn Nur Valencia, Salmah Sesari, Nur Rifai Akhsan, Sri Lestari

Abstract


Public Speaking merupakan salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki oleh setiap orang. Hal ini disebabkan karena keterampilan ini berkaitan dengan kemampuan seseorang dalam mengkomunikasikan hal yang mereka rasakan, mulai dari pendapat, saran, dan lain sebagainnya. Akan tetapi, ditemukan fakta bahwa terdapat 75% orang yang masih mempunyai ketakutan untuk berbicara di hadapan orang banyak. Atas dasar tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan public speaking dengan menggunakan teknik role play berbaiss teks dialog dalam pe,belajaran Bahasa inggris di SMP Muhammadiyah 3. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode penelitian kualitatif deskiptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan public speaking yang dimiliki oleh siswa SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta setelah dilakukannya pembelajaran Bahasa inggris dengan menggunakan teknik roleplay berbasis teks dialog.

Keywords


public speaking, role play, teks dialog

Full Text:

PDF

References


Adela, F. M. (2022). Implementasi Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Iii Di Mi Walisongo Jerakah Tahun Ajaran.

Agustine, Lady. (2022). Takut Bicara Depan Umum? Dosen Universitas Bsi Bagikan Tips Public Speaking. Diakses Pada 6 September 2023, Dari Https://News.Bsi.Ac.Id/

Gabriella, Josephine (2017) Retorika Rachel Goddard Pada Video 18 Tips Kecantikan (Beauty Hacks) Dan Make Up Untuk Pemula. Institut Bisnis Dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta.

Matsoleh, M., Suparman, U., & Herpratiwi, H. (2014). Pembelajaran Speaking Dengan Metode Role Play Menggunakan Teks Berbentuk Narrative. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan (Old), 2(2).

Oktavianti, R., & Rusdi, F. (2019). Belajar Public Speaking Sebagai Komunikasi Yang Efektif. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(1).

Pratiwi, N. I. (2017). Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 1(2), 202-224. Role Playing Pada Murid Kelas Iv Sdn Paccinang Kota Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Zaenab. (2021). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode


Refbacks

  • There are currently no refbacks.