Analisis Kesalahan Peserta Didik SMP Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Masalah Soal Matematika Di SMP N 9 Yogyakarta

Triyatno Triyatno, Malika Mahira, Widayati Widayati, Sarwo Edi

Abstract


Abstrak

Penelitian yang sedang kami lakukan yaitu penelitian  deskriptif kualitatif berguna untuk mengetahui tingkat kemampuan  yang dimiliki peserta didik dalam meneyelesaikan soal matematika  berbentuk cerita yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari hari pada pokok pembahasan materi (SPLDV). Subjek dari  penelitian ini menggunakan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 9  Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini berupa : 1. Kesalahan yang  dilakukan peserta didik adalah : peserta didik salah mengubah  informasi yang diberikan ke dalam matematika, peserta didik  kesulitan untuk menentukan rumus, peserta didik salam konsep  matematika, kesalahan dalam melakukan perhitungan, dan lupa  memberikan kesimpulan; 2. Alasan peserta didik melakukan  kesalahan berupa : peserta didik kurang memperhatikan soal, kurang  teliti,dan peserta didik belum Mengerti bagaimana proses mengubah  soal cerita ke bentuk model matematika.

 


Keywords


Kesalahan matematika, soal cerita, analisis

Full Text:

PDF

References


Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Dikti.

Syafina, V., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi SPLDV. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2).

Agustin, R. A., & Sutama, M. P. (2019). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Berorientasi Pisa dengan Konten Change …. eprints.ums.ac.id. https://eprints.ums.ac.id/id/eprint/72478

Annisa, R., & Kartini, K. (2021). Analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal barisan dan deret aritmatika menggunakan tahapan kesalahan Newman. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. https://www.j cup.org/index.php/cendekia/article/view/506

Halim, F. A., & Rasidah, N. I. (2019). Analisis Kesalahan Peserta didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial Berdasarkan Prosedur Newman. … : Jurnal Pendidikan Matematika. http://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/gauss/article/view/1406

Hariyanto, D. (2019). Analisis Kesalahan Berdasarkan Teori Newman dengan Pemberian Scaffolding pada Materi SPLDV Peserta didik Kelas VIII SMP. repository.uksw.edu. https://repository.uksw.edu/handle/123456789/21473

Hidayah, S. (2016). Analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita spldv berdasarkan langkah penyelesaian polya. In … Seminar Nasional Pendidikan Matematika. repository.unikama.ac.id. https://repository.unikama.ac.id/840/22/182-190 ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SPLDV BERDASARKAN LANGKAH PENYELESAIAN POLYA.pdf

Ilmiyah, L., Purnama, S., & ... (2018). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. … Pendidikan Dasar Islam. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/105-115

Sari, S. M., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta didik ditinjau dari Self-Concept.

Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 71–77. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.22717

Sunardiningsih, G. W., Hariyani, S., & Fayeldi, T. (2019). Analisis Kesalahan Peserta didik Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Analisis Newman. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(2), 41–45. https://doi.org/10.21067/jtst.v1i2.3447

Wibawa, K. A., Mithia, N., & ... (2023). Analisis kesalahan berdasarkan prosedur newman dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV ditinjau dari gaya belajar. … -Pi: Jurnal Matematika Dan …. http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/3832/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.