Kapabilitas Guru PAI Dalam Menakhlikan Akhlak Siswa Di SMK N 5 Yogyakarta

Abbad Hanif Al Falah, Unik Hanifah Salsabila, Arif Kurniawan

Abstract


Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan cara Guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa di SMK N 5 Yogyakarta. Ruang lingkup atau batasan masalah dalam penelitian ini adalah upaya-upaya yang dilakukan Guru Pendidikan Agama Islam dan hambatan atau kendala yang dialami saat membina akhlak siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode observasi dan wawancara sebagai teknik pengumpulan datanya. Proses analisis datanya menggunakan reduksi dan penyajian data serta pengambilan kesimpulan. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa guru menggunakan beberapa upaya dalam membina akhlak siswa. upaya tersebut mencakup menjadi teladan, melakukan pembiasaan, memberikan nasihat, melakukan diskusi atau musyawarah, pemberian hadiah, dan pemberian hukuman. Adapun kendala atau hambatan yang dialami Guru adalah penguatan komitmen keteladanan dan teknis pelaksanaan pembiasaan.

Keywords


Upaya; Pembinaan Akhlak; PAI

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A., Lambe, H., & Halim, H. (2019). Pendidikan dan Metode Pembinaan Karakter. Yayaysan Inteligensia Indonesia.

Akbar, M. N. B., & Farikhin, F. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 03 Maesan. Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 57–73.

Alaslan, A. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Rajawali Pers.

Anugrah, A. T., Latipah, E., & Izzah, I. (2022). Pembentukan Akhlak Mahasiswa Melalui Psikologi Islami. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 135–148.

Azizah, N., Mujiburrahman, & Nurhidayati, I. (2021). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Peserta Didik. Al ’Ulum Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 1–13.

Bahari, S. (2023). Membumikan Pendidikan Akhlak. In Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 6, Nomor August). Mitra Cendekia Media.

Darwin, & Nasution, F. (2023). Guru Sebagai Teladan: Analisis QS Al-Ahzab Ayat 21. JURNAL ILMIAH GURU MADRASAH (JIGM), 2(1), 1–13.

Ependi, R. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Islam. deepublish.

Gade, S. (2019). Membumikan Pendidikan Akhlak Mulia Anak Usia Dini. In al-Tarbiyah al-Khuluqiyah. Lembaga Naskah Aceh.

Masiah, Erdiansyah, & Herawati. (2023). Pengaruh Peran Guru Akidah Akhlak sebagai Model dan Teladan Terhadap Kepribadian Siswa. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(1), 101–116.

Mawardi, Alim, A., & Al-Hamat, A. (2021). Pembinaan Akhlak Menurut Syekh Az-Zarnuji dalam Kitab Ta’limul Muta’allim. Rayah Al-Islam, 5(1), 21–39.

Miftahuddin. (2020). Karakter Sufistik Pemikiran Al-Ghazali Tentang Metode Reward dan Punishment dalam Pendidikan Islam. Dirasat, 15(1), 50–61.

Mukhlis. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Alalak Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala. Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan dan Dakwah, 17(1), 37–52.

Munandar, A. (2022). Metode Guru dalam Membina Akhlak Siswa di Madrasah Aliyah. JOURNAL OF EDUCATIONAL RESEARCH (JER), 1(1), 1–22.

Mustafa, Suyanta, S., & Walidin, W. (2023). Metode Pendidikan Agama Islam Berbasis Karakter Disiplin dan Pembentukan Akhlak di Perguruan Tinggi. Tadris, 17(1), 23–33.

Nobisa, Y. N., Gozali, M., & Datuk, A. (2023). Metode Pembiasaan sebagai Upaya Internalisasi Nilai Ajaran Islam di SMP MUhammadiyah Kupang. Attractive : Innovative Education Journal, 5(2), 216–223.

Novriwandi, & Rahim, A. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Attaqwa 07 Bekasi. 2(2), 313–328.

Nusantari, N. (2019). Penerapan Reward and Punishment Terhadap Pembentukan Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Asih Putera Kota Cimahi. Idea : Jurnal Humaniora, 2(2), 218–229.

Purnomo, H., & Abdi, H. K. (2012). Model Reward dan Punishment Perspektif Pendidikan Islam. Deepublish. https://s3ppi.umy.ac.id/wp-content/uploads/2019/11/Naskah-Buku-Reward-dan-Punishment.pdf

Rahmadhani, F. A. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Peserta Didik. UNISAN JURNAL: JURNAL MANAJEMEN DAN PENDIDIKAN, 2(3), 776–784.

Rahman, F., Maya, R., & Hidayat, M. G. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Membina Akhlak Siswa Kelas VIII di SMP Sejahtera 4 Dramaga Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2019/2020. Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 45–53.

Salsabila, U. H., & Aliyah, A. D. (2022). Penerapan Pendidikan Islam Tentang Akhlakul Karimah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 368–384.

Salsabila, U. H., Jaisyurohman, R. A., Wardani, M. T., Yuniarto, A. A., & Yanti, N. B. (2020). Implementasi Pembelajaran

Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Pribadi Akhlakul Karimah. Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(3), 370–385.

Samsu. (2021). Metode Penelitian. Pusaka.

Siregar, W. (2023). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Siswa Kelas IX di Madrasah Tsnawiyah Negeri 2 Saipar Dolok Hole Kabupaten Tapanuli Selatan. Journal of Mandalika Literature, 3(1), 295–312.

Yusuf, S. M. (2022). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Siswa Ddi SMKN 4 Tanjung Pinang. Jurnal Al-Idarah, 1(1), 39–46.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.