Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Muhammadiyah Banguntapan

Kartikasari Putri Sulistyo, Sudarmini Sudarmini, Suhartiningsih Suhartiningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keefektifan dari penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam pembelajaran bahasa Indonesia tentang teks deskripsi, khususnya pada kelas VII B di SMP Muhammadiyah Banguntapan yang diajarkan oleh Ibu Suhartiningsih, M.Pd. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan kajian kepustakaan (library research). Media pembelajaran berupa LKS tersebut cukup membantu peserta didik dalam memahami pelajaran. Dalam LKS tersebut, selain materi juga terdapat latihan soal yang membantu mengasah pengetahuan peserta didik. LKS mampu membantu meningkatkan kemampuan belajar peserta didik melalui tugas-tugas latihan yang terencana dan terorganisir. Namun, ada beberapa kekurangan dari LKS, diantaranya dapat membuat siswa lebih bosan, ketergantungan, dan keterbatasannya dalam strategi pembelajaran. Guru dapat mengatasi hal ini dengan membuat pembelajaran tetap menjadi menyenangkan. Oleh karena itu, LKS harus dimasukkan sebagai alat tambahan dalam proses belajar mengajar dan disesuaikan dengan preferensi belajar siswa. Mari kita terus memajukan proses belajar mengajar dengan memanfaatkan LKS secara maksimal

Keywords


Penggunaan, Lembar Kerja Siswa, Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Baziduhu Laia, R. D. (2021). Sosialisasi Pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan I Tahun Ajaran 2020/2021. KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 15-20.

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 22-54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Jumairi. (2015). Pemanfaatan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX SMP Negeri 5 Tenggarong. Jurnal Cemerlang, 9-18.

Junita Lisdia Lisa, R. A. (2018). Analisis Interaksi Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 270-282.

Muhardila Fauziah, Y. S. (2020). Pengembangan LKS Tematik Bahasa Indonesia Kelas V Melalui Kegiatan Lesson Study di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 15-22. https://doi.org/10.31949/jcp.v6i1.1559

Ni Luh Gede Riwan Putri Bintari, I. N. (2014). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Pendekatan Saintifik (Problem Based Learning) Sesuai Kurikulum 2013 di Kelas VII SMP Negeri 2 Amlapura. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 1-10.

Rahayu, S. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Bahasa Indonesia Kelas VII dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. EDU-KATA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 145-152.

Sari, R. K. (2021). Penelitian Kepustakaan dalam Penelitian Pengembangan Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Borneo Humaniora, 60-69. https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v4i2.2249

Sinta, I. M. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana. Jurnal ISEMA: Islamic Education Manajemen, 77-92. https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5645


Refbacks

  • There are currently no refbacks.