Pengalaman Peserta Didik SMPN 1 Banguntapan pada Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Sandika Eva Iswantari, Sudaryanto Sudaryanto, Anung Setyo Anggoro

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengalaman peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan kajian empiris untuk mengumpulkan data menggunakan google formulir dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A SMPN 1 Banguntapan dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 1 Banguntapan yang dilakukan selama 8 hari selama massa PLP 1. Hasil diskusi pada artikel ini adalah 91,7% peserta didik pada SMPN 1 Banguntapan sangat senang mengikuti kegiatan P5. Tak hanya pada kegiatan P5, SMPN 1 Banguntapan berhasil menjadikan pembelajaran Bahasa Indonesia sebagai pembelajaran yang menyenangkan, penerapan Kurikulum Merdeka.

Keywords


Kurikulum Merdeka, Pembelajaran, Project Based Learning, P5

Full Text:

PDF

References


Afriana, J. (2015). Project based learning (PjBL). Makalah untuk Tugas Mata Kuliah Pembelajaran IPA Terpadu. Program Studi Pendidikan IPA Sekolah Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Anggila, W. (2022). Persepsi Guru Bidang Studi IPS dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Negeri Sekecamatan Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur. (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu).

Bastari, K. (2021). Belajar Mandiri dan Merdeka Belajar Bagi Peserta Didik, Antara Tuntutan dan Tantangan. Academia: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1), 68-77.

Djamaluddin, A. (2014). Filsafat Pendidikan. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(2).

Khusna, S. J., & Mulyaningtyas, R. (2022). KOLASE: Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Berbasis Model Project Based Learning. KOLASE, 1(2), 1-9.

Kurniati, P., Kelmaskouw, A. L., Deing, A., Bonin, B., & Haryanto, B. A. (2022). Model proses inovasi kurikulum merdeka implikasinya bagi peserta didik dan guru abad 21. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 408-423.

Nursyamsini, S. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Guru Indonesia, 3(3), 265-277.

Pratiwi, E. Y. R., Asmarani, R., Sundana, L., Rochmania, D. D., Susilo, C. Z., & Dwinata, A. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Pemahaman P5 bagi Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(2), 1321-1330.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal basicedu, 6(4), 6313-6319.

Syaputra, F. R., Kamarudin, K., & Rustam, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Menulis Teks Laporan Hasil Observasi pada Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 1 Muaro Jambi (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.