Interaksi Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa indonesia di SMP Negeri 1 Kasihan

Widya Eksandra, Denik Denikwirawati, Siti Sri Jayati

Abstract


Penelitian ini menganalisis keinteraksian guru dan siswa dalam konteks pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Kasihan Bantul. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana interaksi ini berkontribusi terhadap efektivitas pembelajaran dan pengembangan keterampilan berbahasa siswa. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah  observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan utama menunjukkan bahwa interaksi yang positif dan aktif antara guru dan siswa memiliki dampak positif pada pemahaman siswa terhadap materi pelajaran dan motivasi belajar mereka. Guru yang mampu menciptakan lingkungan kelas yang inklusif dan mendorong partisipasi siswa melalui diskusi terbuka dan kegiatan berbasis proyek telah berhasil meningkatkan hasil pembelajaran. Meskipun demikian, beberapa tantangan dalam menciptakan interaksi yang efektif juga diidentifikasi, seperti ukuran kelas yang besar dan kebutuhan akan pengembangan keterampilan komunikasi guru. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan perlunya pendekatan pembelajaran yang berfokus pada interaksi yang lebih intens antara guru dan siswa, serta penekanan pada pengembangan keterampilan komunikasi guru. Studi ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi praktisi pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah menengah.


Keywords


Kegiatan Berbasis Proyek, Diskusi, Efektivitas Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal buana pengabdian, 1(1), 66-72.

Beno, J., Silen, P, A,. Yanti, M., 2022. Dampak Pandemi Covid-19 pada Kegiatan Ekspor Impor (Studi pada PT. Pelabuhan Indonesia II (PESERO) Cabang Teluk Bayur)

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1), 85-99.

Fitriani, E. (2022). Meningkatkan Aktivitas Belajar Bahasa Indonesia Materi Teks Laporan Hasil Observasi Melalui Metode Discovery Learning di Kelas X SMK PGRI 2 Belitang Tahun Ajaran 2021/2022. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 3(2), 349-356.

Nurrahmawati, R. (2016). Peran Guru Dalam Kegiatan Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Berkesulitan Belajar Spesifik Kelas III di Sekolah Dasar Negeri Gadingan Kulon Progo. Widia Ortodidaktika, 5(9), 963-972.

Prawiogi, G, A., Sadiah, L.T., Purwanugraha., & Elisa, N, P,. (2022) Penggunaan Media Big Book untuk Menubuhkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu5(1). 46-452

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Sakiah, N. A., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis kebutuhan multimedia interaktif berbasis PowerPoint materi aljabar pada pembelajaran matematika SMP. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 39-48.

Sugara, B. (2015). Hubungan Komunikasi (Verbal Dan Non-Verbal) Guru dalam Proses Belajar Mengajar dengan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Sel Unit Terkecil Kehidupan dan Bioproses di SMA Negeri 16 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016 (Doctoral dissertation, UNIMED).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.