Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Teks Laporan Hasil Observasi di SMK Muhammadiyah 1 Bantul

Aisa Hanum Kinanti, Purwati Zisca Diana, Rosita Dwi Noegrahaeni

Abstract


Pendidikan merupakan kebutuhan yang dimiliki setiap orang dan memiliki kesempatan yang luas dalam belajar. pembelajaran merupakan proses interaksi yang dilakukan guru dan siswa untuk mendapatkan ilmu, keterampilan, dan sikap dalam berperilaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran project based learning pada teks laporan hasil observasi di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi di kelas X TO 2 SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran project based learning peserta didik mampu menjalankan enam sintak. peserta didik mampu mengembangkan keterampilan menulis, peserta didik lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik mampu berpikir kritis dalam memecahkan masalah, dan peserta didik mampu mengembangkan sikap kolaborasi saat melakukan kegiatan pembelajaran.

Keywords


Model pembelajaran project based learning; Laporan hasil observasi

Full Text:

PDF

References


Mayer, R. E. (2005). Cognitive theory of multimedia learning. In R. E. Mayer (Ed.), The Cambridge handbook of multimedia learning (pp. 31–48). New York, NY: Cambridge University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.