Penerapan Pembelajaran Teks Anekdot Berbasis Problem Based Learning pada Kelas X Di SMA Muhammadiyah Kasihan

Aisyah Khairatun Hisan, Iis Suwartini, Endang Ruliani

Abstract


Pendidikan merupakan salah satu perihal yang menciptakan terjalinnya tujuan pembelajaran bagi setiap lembaga khususnya di Indonesia. Terkait Pendidikan yang dipaparkan dalam penelitian ini, diambilnya salah satu aspek pembelajaran yaitu Bahasa Indonesia di kelas X SMA Muhammadiyah Kasihan. Pembelajaran yang diterapkan di dalam kelas adalah pembelajaran Teks Anekdot berbasis Problem Based Learning (PBL). Tujuan dari adanya penelitian ini adalah sebagai alternatif data literatur bagi tenaga pendidik guna dilakukannya studi banding antar sekolah terkait pembahasan penelitian. Metode yang digunakan selama pengumpulan data penelitian menggunakan metode penelitian Deskriptif Kualitatif berupa pengamatan dan wawancara. Penelitian ini memaparkan terkait penerapan pembelajaran Teks Anekdot berbasis Problem Based Learning (PBL) dan langkah-langkah efektif yang diperlukan dalam penerapan pembelajaran Teks Anekdot berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan hasil yang cukup baik dan sesuai dengan ketentuan berlangsungnya kegiatan pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL).

Keywords


Pendidikan, Bahasa Indonesia; Teks Anekdot; Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Ahmar, H. et al. (2020). Penerapan Model Pembelaaran Problem Based Learning : Literature Review. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah.

Fakhriyah, F. (2014). Penerapan Problem Based Learning Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol. 3, Issue 1.

Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial). Jurnal At-Taqaddum, Vol. 8, Issue 1.

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, Vol. 7, Issue 3.

Isodarus, P. B. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. Jurnal Angewandte Chemie International Edition, Vol. 6, Issue 4.

Monica, S. et al. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Anekdot. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan.

Saputra, H. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Perpustakaan IAI Agus Salim.

Sinta, I. M. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana. Jurnal Isema : Islamic Education Management, Vol. 4, Issue 1.

Somantri, G. S. (2005). Memahami Metode Kualitatif. Jurnal : Makara Human Behavior Studies in Asia, Vol. 9, Issue 2.

Sulistiyowati, E. (2018). Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, Vol. 8, Issue 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.