Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X di SMA Muhammadiyah Bantul

Anisa Desi Fitrianingsih, Ariesty Fujiastuti, Pety Rahmalina

Abstract


Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMA Muhammadiyah Bantul. Kurikulum merdeka menjadikan sebagai landasan untuk mencapai sebuah tujuan sekolah dan meningkatkan kualitas guru, siswa, dan sekolah sehingga mampu meraih hasil yang terbaik. Penerapan kurikulum merdeka mempunyai manfaat di pembelajaran yaitu mempunyai banyak peluang untuk mengembangkan kompetensi dan pendidikan karakter siswa. Subjek dalam penulisan ini ialah ibu guru pengampu pelajaran bahasa Indonesia, waka kurikulum, dan siswa-siswi SMA Muhammadiyah Bantul. Metode yang dipakai dalam penulisan berupa penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil yang didapatkan dalam penulisan ini ada empat yaitu manfaat penerapan pembelajaran kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa Indonesia, kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa Indonesia, dan pelaksanaan penguatan profil pelajar Pancasila (P5).

Keywords


Kurikulum Merdeka; Pembelajaran Bahasa Indonesia; Penerapan

Full Text:

PDF

References


Adili, L. O. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Bastra, 266-281.

Agustin, V. (2023). Implementasi Pelaksanaan Pembelajaran Biologi pada Kurikulum Merdeka Untuk Siswa Kelas X di SMA Argopuro Panti Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.http://digilib.uinkhas.ac.id/24838/1/SKRIPSI%20VICHA%20WATERMAR K.pdf.

Angga. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu.

Denzin, N. K. (1994). Introduction Entering the Field of Qualitative Research. Thousand Oaks: CA : SAGE.

Dimyati. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.

Djamarah. (2005). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Anak Didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitra, D. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Perspektif Progresivisme Pada Mata Pelajaran IPA . Jurnal Filsafat Indonesia, 250–258.

Marlina, T. (2022). Urgensi dan Implikasi Pelaksanaan Kurikulum Merdeka pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Prosiding SNPE FKIP Universitas Muhammadiyah Metro , 67-72.

Melani, A. (2023). Penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 16 Padang. 1(2): 23-32.

N.K.Widiastini. (2023). Penerapan Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Vol 12 No 1, 13-23.

Priyatma, J. E. (2020). Merdeka Berpikir. Kompas, 6.

Sitorus, F. R. (2023). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada Tingkat Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan West Science, 328-334.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.