Peran Guru Dalam Menanamkan Budaya Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Religius Siswa di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta

Inda Laela Wahdah, Rouf Zidan Nurrohman, Muhammad Excel Zarin Kalma, Andi Dzakiyatul Aliyah, Salsa Warda Lestari, Yusuf Hanafiah, Armando Bima Putra

Abstract


Abstrak

Pada dewasa saat ini, perkembangan teknologi yang sangat pesat mempengaruhi berbagai faktor dalam kehidupan, salah satunya pendidikan. Munculnya teknologi dalam bidang pendidikan pasti memiliki dampat Negatif dan Positif. Dampak negatif dari masuknya teknologi kedalam pendidikan salah satunya adalah penurunan karakter peserta didik terhadap Al Islam dan Kemuhammadiyahan religius siswa. Oleh karena itu, penelitian ini akan membahasa tentang bagaimana peran guru dalam menanamkan budaya Al-islam dan  kemuhammadiyahan religius siswa di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta.

Metode penelitian ini adalah metode Kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Hal ini, karena pengumpulan data penelitian ini menggunakan kegiatan pengamatan di lapangan (observasi) dan wawancara dalam mengumpulkan data penelitian yang sesuai dengan judul. Hasil penelitian menunjukan bahwa, peran guru dalam menanamkan budaya Al- islam dan kemuhammadiyahan religius siswa sangatlah penting. Kemudian, usaha-usaha yang dilakukan oleh guru SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta dalam menanamkan budaya Al-islam dan kemuhammadiyahan religius bagi siswa sangat banyak antara lain : menjadi suri tauladan bagi siswa, pelaksanaan BTTQ, kegiatan sholat berjama’ah disekolah, dan memberikan pembiasan yang baik   di lakukan sedini mungkin dan dimulai dari hal kecil terlebih dahulu. Kemudian ada juga faktor-faktor baik internal maupun eksternal dalam menanaman budaya Al- islam dan kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta.


Keywords


Al-Islam dan kemuhammadiyahan, peran guru, dan usaha-usaha guru dalam menenamkan budaya Al-islam dan kemuhammad

Full Text:

PDF

References


Ancok, J. (1995). Psikologi islam, solusi islam dan problem-problem psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hasil wawancara dengan Bapak Armando Bima Putra selaku guru pendidikan agama di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta pada tanggal 18 september 2023.

Lexi J Moleong. Metode Penelitian Kualitatif (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2012, hlm 6.

Maryanto, Implementasi Pendidikan Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Dalam Menciptakan Budaya Kebersihan Di Sekolah Dasar Muhammadiyah 23 Surakarta. Thesis thesis, Universitas Muhammad, hlm 11.

Rahmah peran guru dalam membentuk karakter religius siswa. journal on education. 2023, vol.

Sartika, “Peran Guru dalam Memotivasi siswa yang kesulitan belajar pada pembelajaran PKN di kelas VII SMP Negeri 6 palu”. Edu Civic, Vol 6, no 02 (2018), hlm 96.

Wati, A., & Amrullah, M. (2022). Pembiasaan Karakter Religius Siswa dalam Pembelajaran AlIslam dan Kemuhammadiyahandi Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Sedati, Journal of Islamic and Muhammadiyah Studies, 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.