Program Membaca Menyenangkan untuk Meningkatkan Literasi di SMA N 1 Pleret

Cici Laila Sukma, Yosi Wulandari, Ayuning Tyas Widyaningsih

Abstract


Menjelaskan tentang sebuah program inovatif yang bertujuan untuk meningkatkan tingkat literasi di lingkungan sekolah. program ini dikenal sebagai program “program membaca menyenangkan” dan diimplementasikan di SMAN 1 Pleret. Literasi adalah keterampilan membaca, menulis, dan memahami informasi yang penting dalam pengembangan pribadi dan akademis siswa. Namun, tantangan dalam meningkatkan literasi sering kali muncul akibat berbagai faktor, termasuk perubahan tren bacaan dan teknologi. Tujuan program ini adalah untuk menciptakan lingkungan yang menarik minat baca dan meningkatkan pemahaman serta keterampilan literasi siswa. Metode yang digunakan dalam program ini meliputi pengenalan beragam genre bacaan yang menarik, kegiatan diskusi buku, serta acara membaca Bersama. Hasil positif ini menunjukkan bahwa pendekatan yang menyenangkan dalam mempromosikan literasi memiliki potensi untuk di adopsi di sekolah-sekolah lain.

Keywords


Membaca; Program; Literasi; Menyenangkan

Full Text:

PDF

References


Aditya Wijaya, C. (2018). Sistem Monitoring dan Evaluasi Pengelolaan Program Studi di Institusi Pendidikan Tinggi. Indonesian Journal of Information Systems, 1(1), 13–24. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i1.1723

Astuti, D. N. (2019). Upaya Meningkatkan Karakter Disiplin Siswa Dengan Reward Sticker Picture Di Kelas III. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(8), 370–380.

Chan, F., Kurniawan, A. R., Melinda, L. G., Priantini, R., Zubaedah, Z., Suharti, S. R., & Khodijah, S. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Pada Peserta Didik Di SD Negeri 187/1 Teratai. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 137–145. https://doi.org/10.24903/pm.v4i2.405

Fahruddin, A. H., & Sari, E. N. T. (2020). Implementasi Kode Etik Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sukodadi Lamongan. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 151. https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v13i2.643

Faizah, N. (2019). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Disiplin Tata Tertib Sekolah Di SMA Negeri 2 Klaten. Prosiding Seminar Nasional PEP 2019, 1(1), 109.

Hariyati. (2019). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kedisiplinan di SMK N 6 Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional PEP 2019, 1, 1–3. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/snpep2019/article/view/5620

Marzuki, S., Kistoro, H. C. A., & Ru’iya, S. (2021). Kedisplinan Sholat Siswa Di Smk Muhammadiyah 2 Sleman Ditinjau Dari Pengaruh Penggunaan Gadget. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 5(1), 027. https://doi.org/10.29062/tarbiyatuna.v5i1.378

Rosikum, R. (2018). Pola Pendidikan Karakter Religius pada Anak melalui Peran Keluarga. Jurnal Kependidikan, 6(2), 293–308. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1910

Saputra, H., Studi, P., Guru, P., & Ibtidaiyah, M. (2022). Model Pembentukan Karakter Disiplin Pada Peserta Didik Sekolah Dasar Aisyiyah Kalianda Lampung Selatan. Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 18–29. https://doi.org/10.29408/didika.v8i1.5671

Wiliandani, A. M., Wiyono, B. B., & Sobri, A. Y. (2016). Faktor penghambat implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Humaniora, 4(3), 132–142.

Yuliawati, F. (2014). Penerapan Pendidikan Karakter yang Terintegrasi dalam Pembelajaran Sains di Madrasah Ibtidaiyah. Al-Bidayah, 6(2), 159–182.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.