Implementasi Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Sikap Disiplin Siswa Melalui Kultur Sekolah di SMP Negeri 4 Sewon Bantul

Dwi Handayani, Hasrul Rahman, Haris Abdul Wasik

Abstract


Pendidikan yang diterima anak di sekolah seharusnya tidak hanya pendidikan akademis, tetapi juga pendidikan karakter. Melalui pendidikan karakter, siswa akan mempunyai sikap lebih disiplin. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji implementasi pendidikan karakter untuk meningkatkan sikap disiplin siswa melalui kultur sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan menggunakan sumber penelitian siswa di SMP Negeri 4 Sewon Bantul. Hasil dari penelitian ini yaitu terbukti bahwa melalui pendidikan karakter dengan menerapkan segala rutin kegiatan kultur di sekolah, dapat meningkatkan sikap disiplin siswa. Hal ini dikarenakan sikap disiplin siswa harus dibentuk dan dilakukan secara rutin, agar siswa terbiasa untuk melakukan perilaku yang baik dan menghindari perilaku salah. Dengan adanya kultur sekolah dengan kegiatan-kegiatan yang mendukung, akan membuat siswa lebih banyak melakukan kegiatan positif di sekolah yang dapat membentuk perilaku yang lebih baik.

Keywords


Implementasi; Pendidikan karakter; Sikap disiplin; Kultur sekolah

Full Text:

PDF

References


Mudana. (2019). Membangun Karakter dalam Perspektif Filsafat Pendidikan. Jurnal Filsafat Indonesia (Vol 2, No2). Bali: STAHN Mpu Kuturan Singaraja.

Ngalu R. (2019). Pendidikan Karakter Melalui Pengembangan Kultur Sekolah. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini. (Vol.2, No.15). Ruteng: STKIP Santu Paulus Ruteng.

Sobri M, dkk. (2019). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kultur Sekolah. Jurnal Harmoni Sosial: Pendidikan IPS (Vol 6, No 1, 61-71). NTB: Universitas Mataram.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.