Pengaruh Kemampuan Guru dalam Pengelolaan Kelas untuk Menciptakan Pembelajaran yang Aktif, Kondusif, dan Positif

Nenden Wulan Septianning Tiyas, Hasrul Rahman, Ermawati Ermawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis pengaruh kemampuan guru dalam  pengelolaan kelas terhadap kondisi pembelajaran yang meliputi kondisi siswa, sikap siswa, respon siswa terhadap pembelajaran, pengaruh terhadap pemahaman siswa, dan tingkat efektifitas dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang didasari oleh pengelolaan data secara deskriptif yang bertujuan untuk menjelaskan penelitian yang ada tanpa adanya manipulasi data variabel yang didapatkan dari hasil dilakukanya wawancara secara langsung. Kemudian Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu studi lapangan atau observasi yang dilakukan dengan mengamati lingkungan sekolah dan melakukan wawancara secara langsung dengan pihak terkait, selain itu teknik pengumpulan data juga dilakukan dengan metode studi Pustaka dimana data didapatkan melalui sumber referensi seperti artikel, jurnal maupun sumber-sumber internet lainya yang terpercaya dan relevan dengan penelitian. Dari penelitian ini ditemukan dua hasil perbandingan antara pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dengan kemampuan pengelolaan kelas yang baik dan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dengan kemampuan pengelolaan kelas yang belum cukup baik, dengan menggunakan aspek pembanding seperti kondisi siswa, sikap siswa, respon siswa terhadap pembelajaran, pengaruh terhadap pemahaman siswa, dan tingkat efektifitas dalam pembelajaran. Dan dari perbandingan tersebut ditemukan hasil perbedaan yang signifikan.

Keywords


Pembelajaran; Pengelolaan kelas; Karakteristik peserta didik; Kemampuan guru

Full Text:

PDF

References


Azman, Z. (2020). Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 2(2), 51-64.

Bahri, S. (2017). Pengembangan kurikulum dasar dan tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15–34.

Djam’an Satori, A. K. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. Alfabeta.

Hanyfah, S., Fernandes, G. R., & Budiarso, I. (2022, January). Penerapan Metode Kualitatif Deskriptif Untuk Aplikasi Pengolahan Data Pelanggan Pada Car Wash. In Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi) (Vol. 6, No. 1).

Minsih, M. (2018). Peran guru dalam pengelolaan kelas. Profesi pendidikan dasar, 5(1), 20-27.

Omeri, N. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(3).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.