Analisis Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Yogyakarta

Lathifah Irsyadiyah Husna, Zahra Syifarani, Unik Hanifah Salsabila, Srianto Srianto

Abstract


Penggunaan tenologi digital pada dunia pendidikan harus disesuaikan seiring perkembangan zaman namun, juga perlu memperhatikan keefektifan dalam penggunaannya agar dapat tercapainya tujuan dari pembelajaran itu sendiri. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan aplikasi canva terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukan dengan nilai rata-rata. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif karena memuat angka statistik dan cara pengambilan data dengan pretest - postest untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah pembelajaran menggunakan aplikasi canva. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa sebelum menggunakan aplikasi canva yaitu 88,84 dan setelah penggunaan aplikasi canva yaitu 93,72. Hal ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan hasil belajar siswa setelah menggunakan aplikasi canva.

Keywords


Aplikasi Canva, Hasil Belajar, Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–6. http://digilib.uinsgd.ac.id/32855/1/Metode Penelitian Kualitatif.pdf

Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia.

Sustina, I. (2020). Teknik Analisis Data Penelitian Kuantitatif. Universitas Negeri Gorontalo.

Tanjung, R. ., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika).

Yanti, & Tanjungpura. (2014). Pengaruh Penguasaan Konsep Ekonomi Dan Status Sosial Ekonomi Orangtua Terhadap Pola Perilaku Konsumsisiswa. 1, 1–15.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.