Efektivitas Metode Inquiry dan Diskusi dalam Teks Deskripsi Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Mlati

Sekar Tiar Maharani, Dedi Wijayanti, Rusanti Wulansari

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektivitasan metode pembelajaran inquiry dan diskusi yang dilakukan pada mata pelajaran bahasa Indonesia dalam materi teks deskripsi kelas VII SMP Muhamamdiyah 1 Mlati. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik wawancara dan observasi. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini kefektivan  metode pembalajaran inquiry dan diskusi merupakan salah satu metode pembelajaran yang efektif bagi peserta didik kelas VII pada materi teks deskripsi. Metode ini membuat peserta didik mampu untuk mempunyai pikiran kritis dan kreatif dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. keaktifan dan berpikir kritis peserta didik ini dapat dilihat jika sang guru memberikan sebuah pancingan berupa gambar atau sebuah kata. Metode inquiry dan diskusi ini berfokus ke student center yang dimana fokus kegiatan belajar ini adalah peserta didik, peran guru hanya sebagai fasilitator.

Keywords


Metode pembelajaran; Inquiry; Diskusi

Full Text:

PDF

References


Asrori, M. (2013). Pengertian, tujuan dan ruang lingkup strategi pembelajaran. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 5(2), 26.

Efendi, D. R., & Wardani, K. W. (2021). Komparasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry Learning Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1277-1285.

Irvan, A., & Admoko, S. (2020). Analisis kemampuan argumentasi ilmiah siswa bebasis pola toulmin’s argument pattern (tap) menggunakan model argument driven inquiry dan diskusi pada pembelajaran fisika sma. Inovasi Pendidikan Fisika, 9(03), 318-324.

Permanasari, D. (2017). Kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumber jaya Lampung Barat. Jurnal Pesona, 3(2).

Pujaastawa, I. B. G. (2016). Teknik wawancara dan observasi untuk pengumpulan bahan informasi. Universitas Udayana, 4.

Sari, M. (2021). Pengaruh Model Inquiry terhadap Kemampuan Memahami Teks Deskripsi pada Siswa SMP. At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan, 8(1),ss 33-42.

Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1-228.

Somantri, G. R. (2005). Memahami metode kualitatif. Makara Human Behavior Studies in Asia, 9(2), 57-65.

Sudrajat, A. (2008). Pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajaran. Online)(http://smacepiring. wordpress.com)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.