Pembelajaran Sentra dengan Moving Class di TK ABA Sleman Kota

Ayu Vida Nurlia, Avanti Vera Risti Pramudyani, Jumilah Jumilah

Abstract


Model pembelajaran merupakan rancangan dalam pembelajaran yang terperinci mengenai proses dan situasi lingkungan anak dalam berinteraksi di proses pembelajaran dengan tujuan mendorong perkembangan diri anak. Dalam artikel ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran kelas sentra dengan moving class di TK ABA Sleman Kota. Observasi dilakukan dua unit sekolah dan dua kelas yaitu kelas A dan Kelas B. Kelas sentra dibagi menjadi enam dan terdapat empat penataan lingkungan main serta dengan empat pijakan main. Ciri khas di sekolah yaitu kegiatan pesona pagi. Model pembelajaran di TK ABA Sleman Kota adalah model pembelajaran kelas sentra anak belajar melalui aktivitas yang melibatkan berbagai macam sentra seperti sentra balok,sentra seni dan kreativitas, sentra persiapan, sentra bahan alam, sentra imtaq, dan sentra bermain peran. Guru sebagai fasilitator dan motivator. Kegiatan setiap harinya mulai dari penyambutan, kegiatan pesona pagi, stimulasi motorik, pembelajaran di sentra, kegiatan refleksi hingga penutup. Anak berpartisipasi langsung sebagai pembelajar aktif.

Keywords


Model Pembelajaran; Pembelajaran Sentra; Kreativitas; Proses Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Dini, J. P. A. U. (2023). Pelaksanaan Prinsip Pembelajaran di Masa Belajar dari Rumah: Studi Kasus pada Model Sentra. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 769-785.

Dwi, U. (2022). Perkembangan Harga Diri Melalui Pembelajaran Model Sentra Di PAUD Seruni Sukarame Kota Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Hanafi, Z. (2014). Implementasi Metode Sentra Dalam Pengembangan Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini TK Batitus Al-Ilmi Bekasi. Yogyakarta: Deepublish.

Hasanah, N. (2020). Implementasi Model Sentra Bermain Peran Pada Anak Kelompok B Di TK IT Al-Hasna. Jurnal Golden Age, 4(01), 167-181.

Hermansyah. (2019). Pembelajaran Melalui Sentra Seni Dalam Mengembangkan Kreatifitas Anak Usia Dini. Jurnal Nur El-Islam, 6(1). 115

Kurnia, R. (2012). Konsepsi Bermain dalam menumbuhkan kreativitas pada anak usia dini. Jurnal Educhild: Pendidikan dan Sosial, 1(1), 77-85.

Latif, M. A. (2019). Implementasi model pembelajaran sentra di TK Amal Insani Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(2), 25- 34.

Magdalena, I., Fauzi, H. N., & Putri, R. (2020). Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran dan Akibat Memanipulasinya. Bintang, 2(2), 244-257.

Martsiswati, E., & Suryono, Y. (2014). Peran orang tua dan pendidik dalam menerapkan perilaku disiplin terhadap anak usia dini. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 1(2), 187-198.

Mukhtar Latif, D. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini: Teori Dan Aplikasi. Jakarta: PT fajar interpratamamandiri.

Ode-alumu, S., Samad, F., & Samad, R. (2021). Analisis Pel Aksanaan Pembelajaran Sentra Balok Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 3(1), 36-47.

Romlah, R. (2017). Pengaruh Motorik Halus dan Motorik Kasar terhadap Perkembangan Kreatifitas Anak Usia Dini. Tadris:Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 131-137.

Shaleh, M., & Anhusadar, L. (2021). Evaluasi Input Standar Sarana dan Prasarana pada Lembaga PAUD. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 186-192.

Siti, M. (2022). Implementasi Metode Moving Class Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Alifya Tamansari Bondowoso (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember).

Taher, S. M., & Munastiwi, E. (2019). Peran guru dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini di TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthiā€™in Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(2), 35-50.

Wismiarti. 2012. Sentra Modul PPOT 7. Jakarta Timur: penerbit sekolah Al falah. Balitbang Depdiknas. (2007). Standar isi pendidikan anak usia dini.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.