Analisis Media Pembelajaran Berbasis Power Point Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta

Listiana Ayu Indarwati, Adinda Dika Insani, Fadhlurrahman Fadhlurrahman, Anastafia Hilda Afifi

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis media pembelajaran berbasis power point sebagai media pembelajaran yang digunakan oleh guru, pada materi “Menghiasi Diri dengan Akhlak Terpuji”. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode deskriptif-kualitatif. Perolehan sumber data dalam penelian ini dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi tentang analisis media pembelajaran berbasis power point terhadap motivasi belajar siswa di SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Dalam mengganalis data penelitan ini menggunakan model Miles dan Hubermen dengan tiga teknik yaitu: resuksi data, penyajian data dan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkkan tiga rumusan masalah yaitu: (1), bagaimana penggunaan media pembelajaran berbasis power point terhadap motivasi belajar pada mata pelaajran Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta. (2) Apakah terdapat kelebihan dan kekurangan dari penggunaan media power point terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran PAI di SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta. (3) Bagaimanakah motivasi belajar dari penggunaan media pembelajaran berbasis power point pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Berdasarkan data yang sudah diteliti dapat disimpulkan yaitu media pembelajaran amat penting dalam membantu proses kegiatan belajar mengajar supaya siswa menjadi lebih senang, tertarik, dan termotivasi salah satunya yaitu seperti medi pembelajaran power point yang cocok digunakan dalam pembelajaran karena mampu mempermudah guru dalam menyampaikan materi.


Keywords


Media, Learning, Power Point, Learning Motivation, PAI

Full Text:

PDF PDF

References


Abdullah, R. (2016). Pembelajaran dalam Perspektif Kreativitas Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4 (1), 1-15.

Afrilia M., P. R. (2022). Penggunaan Media Power Point untuk Menunjang Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD N Nglorog 1 Sragen. Educatif: Journal of Education Research, 4 (2), 1-7.

Elpira, N. &. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Power Point terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2 (1), 94-104.

Gumilang, G. S. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bimbingan dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2 (2).

Gunawan, Y. I. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Keaktifan Siswa dalam Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa. Khazanah Akademia, 2 (1), 74-84.

Haryanti, E. (2021). Strategi Inovasi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru SD Kecamatan Magelang Selatan. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 1316-1324.

Khaerunnisa, F. S. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Power Point terhadap Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bumiayu Tahun Ajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6 (1), 31-41.

Kurniawati, H. D. (2016). Efektivitas Media Presentasi Animasi Flash Berbasis Power Point terhadap Motivasi Belajar Sejarah Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran IPA Terpadu di MI Al-Ikhlasyiah Lombok Barat. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1 (2), 98-103.

Manhun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37 (1), 1-9.

Maros, H. &. (2016). Efektifitas Media Power Point pada Pembelajaran Bidang Studi Bahasa Indonesia di SD N Ngelang 02 Kecamatan Maospati Kabupaten Magetan Tahun 2014/2015. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2 (2), 1-23.

Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Pendidikan, 8 (1), 19-35.

Nursyida, N. &. (2020). Efektivitas Peggunaan Media Power Point terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD 128 Tarungan Baru Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3 (1), 71-76.

Ob. (2023). Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta.

Putri Ningrat, S. T. (2018). Kontribusi Gaya Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2 (3), 257.

R., A. R. (2019). Motivasi Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4 (1), 80.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.