Pengaruh Penataan Ruang Kelas terhadap Konsentrasi Anak Kelompok B di TK ABA Kauman Yogyakarta

Dianita Wika Safitri, Febritesna Nuraini, Warmi Warmi

Abstract


Penataan ruang kelas merupakan salah satu faktor penting dalam proses pembelajaran di PAUD. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnya penataan ruang kelas di PAUD untuk mengoptimalkan proses belajar anak usia dini pada kelompok B. Hal ini sangat dibutuhkan untuk melihat kemampuan anak usia dini dalam berkonsentrasi dengan penataan ruang kelas yang dapat mendukung seluruh kegiatan pembelajaran. Dengan penataan ruang kelas juga akan mempengaruhi hasil belajar anak. Data yang diperoleh dari pengkajian lapangan dan pengambilan data menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi. Pengkajian lapangan ini digunakan dalam mengumpulkan berbagai sumber data yang ada kaitannya dengan suatu topik permasalahan yang diangkat. Kemudian hasil dari pengkajian lapangan ini yaitu pentingnya penataan ruang kelas untuk proses belajar di PAUD, konsentrasi anak usia dini, dan hasil belajar dari anak usia dini.

Keywords


Penataan ruang kelas; Konsentrasi anak usia dini; Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Aisyah, Y. M. (2017). Upaya Mengantisipasi Kejenuhan Pada Pembelajaran Piano Tahap Awal Untuk Usia 5-6 Tahun: Sebuah Studi Komparatif Di Distinction Music School Yogyakarta Dan Yayasan Pendidikan Musik Jakarta (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).

Alim, A. (2009). Mengatasi Sulit Konsentrasi Pada Anak Usia Dini. Medikora, (1).

Fernianti, A. (2016). Literature Review: Penataan Ruang Belajar Yang Menarik Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini.

Manurung, M. P., & Simatupang, D. (2019). Meningkatkan konsentrasi anak usia 5-6 tahun melalui penggunaan metode bercerita di TK ST Theresia Binjai. Jurnal Usia Dini. 5(1), 58-75.

Marzatifa, L., Agustina, M., & Inayatillah, I. (2021). Ice breaking: Implementasi, manfaat dan kendalanya untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 6(2), 162-171.

Novianti, R. (2012). Teknik Observasi bagi pendidikan anak usia dini. Jurnal Educhild: Pendidikan Dan Sosial, 1(1), 22-29.

Oktarina, A., Anggraini, W., & Susilawati, B. (2020). Penggunaan media kolase dalam mengembangkan keterampilan motorik halus anak usia 5-6 tahun. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 187-200.

Suryana, D. (2014). Hakikat anak usia dini. Dasar-dasar pendidikan TK. 1, 5-10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.