Pengembangan Kreativitas Anak Melalui Ekstrakurikuler Komputer Kids di TK Aisyiyah Nyai Ahmad Dahlan

Hanifah Tyas Mawarni, Intan Puspitasari, Iid Maida Rais

Abstract


Anak usia dini adalah individu yang berada pada tahap perkembangan awal kehidupan biasanya dari usia 0-8 tahun.Kreativitas merupakan suatu pola perilaku siswa untuk menciptakan pemikiran sehingga menghasilkan ide-ide, kegiatan yang unik dan menarik minat banyak orang atau sebagai kemampuan untuk memberikan gagasan baru dalam upaya pemecahan masalah.Pembelajaran berbasis komputer merupakan suatu pembelajaran yang melibatkan komputer sebagai media pembelajaran dalam menyampaikan materi- materi pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi anak dalam belajar.Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat kegiatan ektrakurikuler untuk mengembangkan kemampuan kreativitas anak di Tk Asyiyah Nyai Ahmad Dahlan.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui kegiatan wawancara dengan kak Zezen dan observasi langsung di ruang multimedia Tk Aisyiyah Nyai Ahmad Dahlan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kegiatan ekstrakurikuler “Komputer Kids” di Tk Aisyiyah Nyai Ahmad Dahlan mampu mengembangkan kemampuan kreativitas dan pemahaman teknologi pada anak.Melalui ekstrakurikuler “Komputer Kids” anak dapat mengembangkan berbagai proyek kreatif seperti animasi sederhana dan gambar digital.Implikasi dari penelitian ini adalah pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana ekstrakurikuler seperti “Komputer Kids” dapat berkontribusi pada perkembangan kreativitas anak.Informsi ini dapat dijadikan panduan untuk mengembangkan program-program serupa di lembaga pendidikan.

Keywords


Kreativitas; Anak usia dini; Komputer kids

Full Text:

PDF

References


Azis, Muhammad. 2018. Upaya Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Melalui Metode Demonstrasi Pada Kelompok B Di TK Putri Listio Desa Dalu Sepuluh-A Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri: Medan.

Herawati, N. (2023). Pengenalan Pembelajaran Komputer Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Sistem Informasi (JPSI), 1(3), 37-47.

Lestari, R. H., Westhisi, S. M., & Wulansuci, G. (2023). Media Berbasis TIK Sebagai Media Pengganti Realitas Pada Pembelajaran Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(1), 26–34. https://doi.org/10.33369/jip.8.1.26-34.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Rusman, dkk. (2015). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Sari, E. U., & Andrisyah, A. (2021). Upaya Meningkatkan Pengembangan Literasi Dalam Kemampuan Kognitif Pada Anak Usia Dini Melalui Aplikasi Paint di TK Sumur Bandung. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(4), 369-377.

Setiyadi, Didik. 2016. Media Pembelajaran Untuk Anak Sekolah Dasar Tentang Pengenalan Tata Surya Menggunakan Computer Assisted Instruction (CAI). Information Management for Educators and Professionals: Jurnal STMIK Inovasi Sains Teknologi Bisnis, 1(1). 42-53.

Sufa, F. F., & Setiawan, H. Y. (2017). Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini Usia 4-6 Tahun Pada Pembelajaran Berbasis Komputer Anak Usia Dini. Research Fair Unisri, 1(1).

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.