Implementasi Habituasi Sekolah dalam Membentuk Sikap Sosial Spiritual di MTs Muhammadiyah Bantul

Lukman Abdurrohman, Nurjannah Boru Hasibuan, Dyah Ayu Putri Utami, Yazida Ichsan, Hafidl Hidayat

Abstract


Habituasi atau pembiasaan merupakan metode pengajaran yang berpengaruh besar dalam membentuk karakter sikap sosial spiritual siswa di sekolah. Karakter sikap sosial spiritual seperti disiplin melaksanakan salat berjamaah, menghargai teman, jujur dalam mengerjakan ujian, dan lain sebagainya perlu di bentuk dengan metode habituasi dalam aktifitas sehari hari di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan field research yaitu penelitian pengumpulan data dengan terjun langsung ke lapangan mengobservasi, mendokumentasi, dan mewawancarai beberapa guru PAI sebagai narasumber. Peneliti bertujuan meneliti efektifitas pelaksaan implementasi habituasi sikap sosial spiritual di MTs Muhammadiyah Bantul sebagai upaya solusi permasalahan karakter peserta didik di tengah zaman yang terus berkembang

Keywords


Habituasi, sosial, spiritual

Full Text:

PDF PDF

References


Prastowo, A., Suyadi, & Sutrisno. (2021). Pendidikan Islam Unggul di Era Revolusi Industri 4.0 dan Merdeka Belajar. Jakarta: Kencana.

Yunus, R., & Dkk. (2023). Pendidikan Karakter di Masyarakat :Studi Karakter Bajo di Torosiaje. Ideas Publishing.

Efendi, R., & Ningsih, A. R. (2020). Pendidikan Karakter di Sekolah. Pasuruan: Qiara Media.

Suryabrata, S. (1983). Metodologi Penelitian. Jakarta: CV Rajawali.

Lexy J., Moleong. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Fadilah. (2021). Pendidikan Karakter (M. I. Ariful Fathoni (ed.); cetakan pe). CV. AGRAPANA MEDIA.

Ferliana, A. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Mengembangkan Sikap Sosial Melalui Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Madrasah Tsanawiyah Al Furqon Bondowoso Tahun Pelajaran 2020/2021.

Hamidah, & Dkk. (2023). Pendidikan Karakter. Yayasan Cendikia Mulia Mandiri.

Nada, A. A. R., & Dkk. (2021). Praktik Gerakan Sekolah Menyenangkan (Y. Wulandari & Dkk (eds.)). UAD Press.

Nisa, K. (2020). Hasil Penelitian dan Pembahasan Kuesioner. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Ramadhani, S. (2023). Landasan dan Inovasi Pendidikan Merdeka Belajar. Nas Media Pustaka.

Hamidah, & Dkk. (2023). Pendidikan Karakter. Batam: Yayasan Cendikia Mulia Mandiri.

Ramadhani, S. (2023). Landasan dan Inovasi Pendidikan Merdeka Belajar. Nas Media Pustaka.

Nada, A. A. R., & Dkk. (2021). Praktik Gerakan Sekolah Menyenangkan (Y. Wulandari & Dkk (eds.)). Yogyakarta: UAD Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.