Storytelling sebagai Metode Penanaman Nilai-nilai Moral pada Anak Usia Dini

Kemala Wijaya, Prima Suci Rohmadheny, Rumiyati Rumiyati

Abstract


Menanamkan nilai-nilai moral pada anak usia dini merupakan hal yang sangat penting dilakukan, dikarenakan hal itu bertujuan agar menjadi pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari bagi anak hingga dewasa kelak. Salah satu metode yang digunakan dalam penanaman nilai-nilai moral pada anak adalah dengan metode story telling. Kendala yang dihadapi dalam metode story telling dalam menumbuhkan atau mengembangkan nilai moral anak adalah kurang nya media yang digunakan dalam penyampaian cerita, kemudian juga adanya perbedaan atau ketidaksesuaian hal-hal yang disampaikan oleh guru di sekolah dengan yang disampaikan oleh orang tua dirumah. Penelitian dalam karya tulis ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis penerapan metode story telling untuk penanaman nilai moral pada peserta didik di TK ABA Karangkajen, Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan hasil observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Sumber literatur yang digunakan dalam penelitian ini adalah jurnal dari tahun 2018 hingga 2023 mengenai metode story telling dan nilai moral pada anak usia dini. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan penggunaan metode story telling anak dapat mengalami peningkatan perubahan perilaku dalam aspek nilai moral sedikit demi sedikit setiap harinya yang kemudian menjadi pembiasaaan. Peserta didik juga sangat antusias mendengarkan story telling setiap harinya dikarenakan cerita yang diambil sangat relate dengan kehidupan anak sehari-hari Hasil penelitian storytelling dapat menumbuhkan dan meningkatkan nilai moral pada peserta didik anak usia dini.

Keywords


Meningkatkan; Karakter; Disiplin

Full Text:

PDF

References


Haerudin, D. A., & Cahyati, N. (2018). Penerapan Metode Storytelling Berbasis Cerita Rakyat Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Anak. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud

Kecamatan, T., Pesisir, P., Nurhayati, U., & Nggamas, S. H. (2022). Peranan Media Gambar Terhadap Nilai Moral Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun pada Masa Pandemi Covid-19 di TK Mandiri. Prosiding The Annual Conference on Islamic Religious Education, 2. http://acied.pp-paiindonesia.org/index.php/acied|931

Kuntilangensari, A. R., & Asmar, M. (2021). Mengembangkan Kemampuan Aspek Nilai, Agama dan Moral Menggunakan Kombinasi Rostel King Untuk Anak Usia Dini. In Journal (Early Childhood and Family Parenting Journal) (Vol. 1, Issue 1).

Kurnia Manoppo, F., Mamonto, H., & Mamesah, F. (2019). Penanaman Nilai Moral Pada Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Tradisional Minahasa. MONTESSORI JURNAL PENDIDIKAN KRISTEN ANAK USIA DINI

M, Mansyur. (2019). Pengembangan Nilai Moral Anak Melalui Metode Bercerita Pada Kelompok B Di TK Pembina Kota Kendari. Jurnal Gema Pendidikan, 26(1).

Mansyur. (2019). Pengembangan Nilai Moral Anak Melalui Metode Bercerita Pada Kelompok B Di TK Pembina Kota Kendari. Jurnal Gema Pendidikan, 26.

Metode Bercerita Dina Khairyiah, P., & Khairiyah, D. (2019). Penerapan Metode Bercerita dalam Mengembangkan Moral Dan Agama Anak Usia Dini (Vol. 07).

Ramdayany, N. E., Muhammadiyah, U., & Maswati, P. (2020). Penerapan Storytelling Dengan Media Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Tk Pertiwi Kelompok B Desa Baruka Kecamatan Bungin Kabupaten Enrekang (Implementation Of Storytelling With Visual Media To Improve Speaking Ability To Kindergarten Pertiwi Group B Desa Baruka Kecamatan Bungin District Enrekang). 3.

Safitri, N., Kuswanto, C. W., & Alamsyah, Y. A. (2019). Metode Penanaman Nilai-Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Education (JECE), 1(2), 29–44. https://doi.org/10.15408/jece.v1i2.13312

Tsabita Salsabila, A., Yuni Astuti, D., Hafidah, R., Eka Nurjanah, N., Guru Pendidikan Anak Usia Dini, P., & Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F. (2021). Pengaruh Storytelling dalam Meningkatkan Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 164–171.

Windu Asrini, H., Hasanati, N., & Kartono, R. (n.d.). Program Story Telling dengan Metode BERLIAN (Bercerita-ExpeRiential-LearnIng-ANak) untuk Menanamkan Moral pada Anak-anak (Studi pada Guru TPQ). Journal of Community Services (Vol. 1, Issue 2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.