Membangun Minat Baca Anak Usia Dini

Zulfa Mumtaz Susilo, Ariesty Fujiastuti, Endri Padmono

Abstract


Minat baca ini suatu keinginan seseorang untuk melakukan  kegiatan membaca dengan perasaan yang senang dan kemauan diri  sendiri. Pentingnya meningkatkan minat baca anak sejak usia dini  karena pada masa itu perkembangan otak anak merupakan periode  emas. Tujuan adanya artikel ini untuk mengetahui bagaimana cara  membangun minat baca pada anak usia dini dan bagaimana upaya  mendukung atau membantu anak untuk lebih minat dalam membaca.  Karena yang kita ketahui di era sekarang banyak sekali orang tua  yang tidak paham seberapa pentingnya membiasakan diri anak untuk  membaca sejak dini guna menumbuhkan literasi baca anak yang  bagus. Untuk membangun minat baca anak usia dini juga perlu  dukungan dari orang tua, lingkungan belajar anak dan lingkungan  sekolahnya. Pentingnya menyediakan lingkungan baca dengan  desain yang menarik dan tempat baca yang nyaman, karena dengan  itu ketertarikan anak untuk membaca akan meningkat. Selain itu juga  dengan adanya buku cerita bergambar anak akan lebih tertarik untuk  membaca dan lebih semangat untuk membaca. 

Keywords


Pendidikan; Minat baca; PAUD

Full Text:

PDF

References


Aditya, A. (2018). Trend Library Café dalam Mendukung Minat Baca Generasi Muda. Jurnal UIN Jakarta, 1.

Benediktus. (2017). Upaya Guru Meningkatkan Minat Baca Pada Siswa Kelas Iii. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 10. http://journal.student.uny.ac.id /ojs/in dex.php/pgsd/article/download/8137 /7743

Dinar, P. W., & Maspuroh, U. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Apresiasi Puisi. LITERASI, Jurnal Ilmiah Pend. Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 9(1), 48–60.

Hidayati, N. N. (2020). Rethinking the quality of children’s bilingual story books. AL ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 4(1), 46–60.

Irna. (2019). Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Implementasi Literasi Keluarga. Jurnal FASCHO STKIP Muhammadiyah Bogor, 1.

Wahyuni. (2021). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Melalui Penerapan Metode Inkuiri Bagi Siswa SD Negeri 2 Harjodowo. Jurnal Profesi Keguruan, 7(1), 10–18.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.