Implementasi Metode Jigsaw dalam Pelajaran Tarikh di SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta

Qoni’ah Musallamah, Rofiana Rofiana, Yusuf Hanafiah, Ahmad ‘alim Wijaya, Ardiyan Muhammad Syafii Ma’arif, Yusuf Hanafiah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki bagaimana metode Jigsaw digunakan untuk mengajar Tarikh di SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta. Metode Jigsaw adalah pembelajaran kolaboratif yang memungkinkan siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran kelompok. Untuk mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan analisis hasil tes.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan Jigsaw dapat membantu siswa memahami tarikh dengan lebih baik. Siswa memiliki lebih banyak kesempatan untuk berkomunikasi, berbicara, dan berbagi informasi dengan rekan-rekan mereka. Metode ini juga meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran, pemecahan masalah, dan meningkatkan keterampilan sosial. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan dalam implementasi metode Jigsaw, seperti waktu yang diperlukan untuk persiapan pembelajaran dan pemantauan ketat selama kelompok bekerja bersama. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Jigsaw dapat menjadi alternatif yang efektif dalam pembelajaran sejarah di SMP, terutama untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap pembelajaran tarikh.

Keywords


Implementasi, Jigsaw, tarikh

Full Text:

PDF PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980.

Apriyanti, T. (2022). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Metode Jigsaw. Didadikta Aulia: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 90–111.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.

Futihatun, F. (2021). Jigsaw untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Verbal dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Strategy: Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran, 1(1), 62-70.

Hidayah, N., & Azis, A. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Jigsaw pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII. Ansiru PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(2), 510-515.

Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Infinity, 2(1), 85.

Kahar, M. S., Anwar, Z., & Murpri, D. K. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap peningkatan hasil belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 279-295.

Kurnia, S. N. S. I. (2023). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. jurnal TA'LIMUNA, 12(1), 32-38

Kusyaeni, K. (2011). Penerapan Strategi Jigsaw dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Tsaqofah Islam (Studi Kasus pada Kelas VIII A2 PPTQ SMPIT Ibnu Abbas Klaten Semester 1 Tahun Pelajaran 2010/2011).

Lapase, M. H. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas V SDN Penedapa Kecamatan Poso Pesisir Kabupaten Poso Provinsi Sulawesi Tengah. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(2).

Nurhayati, F. (2022). Penerapan Strategi Kooperatif Tipe Learning Jigsaw untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI pada Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021.

Prasetyo, A. D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Konsep Dasar IPA Melalui Model Pembelajaran Jigsaw. JENIUS (Journal of Education Policy and Elementary Education Issues), 2(1), 21-29.

Sarwoto, S. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Bersama Masalah dengan Strategi Jigsaw untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika (PTK Siswa Kelas XII Semester 1 SMK Batur Jaya 1 Ceper Klaten Tahun Pelajaran 2010/2011).

Susiani. (2022). Implementasi metode Jigsaw sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada kompetensi dasar tarih kelas IX. Al-Khos: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 10–16.

Utomo, A. C., Abidin, Z., & Rigianti, H. A. (2020). Strategi Think Pair Share dan Jigsaw: Manakah yang Lebih Efektif untuk Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa?. Profesi Pendidikan Dasar, 7(2), 121-128.

Werdiningsih, E., & Mukhlishin, M. I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 4(2), 60-65.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.