Penerapan Model Pembelajaran Group Discussion pada Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Bantul

Andini Ika Saputri, Novi Febrianti, Sumarsih Sumarsih

Abstract


Pembelajaran yang efektif dan bermakna merupakan tujuan utama dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat menengah atas. Penelitian ini membahas tentang penerapan model pembelajaran Group Discussion pada pembelajaran biologi di SMA Negeri 1 Bantul sebagai upaya inovatif untuk meningkatkan interaksi kelompok siswa, keterlibatan aktif, dan pemahaman konsep dalam konteks pembelajaran biologi. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan guru mata pelajaran biologi, siswa kelas XI H, dan XI E di SMA Negeri 1 Bantul. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan teknik wawancara secara langsung dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Group Discussion menjadikan siswa terlibat dalam diskusi yang aktif, berkolaborasi dengan teman sekelas, dan mengembangkan pemahaman mendalam tentang konsep-konsep biologi. Kesimpulannya, penerapan model pembelajaran tersebut membuktikan efektivitasnya strategi ini yang berpotensi menjadi alternatif menarik dalam mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran.


Keywords


Penerapan Model Pembelajaran; Group Discussion; Pembelajaran Biologi

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. (2009). Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta

Anisa dan Irmawanty Anisa Nur. (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Fungi. Jurnal Binominal, 4.2623–0143, 30–34.

Betari. (2020). Upaya Meningkatkan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Sosiologi Melalui Model Prediction Guide dengan Gambar X IPS 3 SMAN 12 Padang. Jurnal Siloka: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 19-26.

Fatmawati,S. (2019). Efektivitas Forum Diskusi Pada E-Learning Berbasisi Moodle Untuk meingkatkan Partisipasi Belajar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 211-216.

Ratna Harmain. (2021). Upaya Meningkatkan Partisipasi Siswa Pada materi Mengidentifikasi Macam-Macam Limbah Melalui Metode Diskusi. DIKMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1, 35-42.

Rosalina, Selvia. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Example No Example untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas VIII B di SMP Negeri 1 Kejayan Kabupaten Pasuruan.

Rosmiati Azis. (2019). Hakikat & Prinsip Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 8.2, 292–300.

Rustaman. (2001). Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli. Hal: 461

Suhartono. (2021). Group Investigation (Konsep dan Implementasi Dalam Pembelajaran). Lamongan: Academia Publication.

Taniredja, Tukiran dkk. (2011). Model – Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.