Implementasi Ekstrakurikuler Seni Tari untuk Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik AUD di TK ABA Kauman

Rahma Diana Putri, Febritesna Nuraini, Warmi Warmi

Abstract


Artikel ini mengkaji tentang bagaimana mengukur  keberhasilan penerapan ekstrakurikuler seni tari kreasi dalam  meningkatkan kemampuan kinestetik anak-anak usia dini di TK  Aba Kauman. Metode yang digunakan yaitu pengkajian lapangan. Pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara, dan  dokumentasi. Hasil pengkajian diperoleh tiga tahap utama  implementasi ekstrakurikuler seni tari kreasi: perencanaan,  pelaksanaan, dan evaluasi. Guru menentukan tema, memilih musik,  dan merancang gerakan sederhana tapi efektif dalam perencanaan.  Dalam pelaksanaan, pelatih tari mengajar dengan memberi contoh  gerakan, memadukan hitungan dengan gerak, memadukan gerak  dengan musik serta melakukan pengulangan gerak., Tahap evaluasi  merupakan langkah terakhir. Hasil dari pengkajian lapangan membuktikan bahwa efektivitas pengembangan kemampuan  kinestetik di TK ABA Kauman melalui ekstrakurikuler seni tari.

Keywords


Meningkatkan, Karakter, Disiplin

Full Text:

PDF

References


Ayu Titis Rukmana Sari, “Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Kegiatan Pembelajaran Seni Tari”,SELING:jurnal Program Studi PGRA,Vol.4,No.1 (Januari2018),h.4

Diana Mutiah, Psikologi Bermain Anak Usia Dini, (Jakarta: Kencana Prenada Group, 2012).

Eleni Michelaki, “Developments Body –Kinesthetic Intellegence Through Creative Dance for Students Preschool”,Journal of Educational and Social Research MCSER Publishing,Rome Italy.Vol.6.No.3(September 2016),h.23

Hasil penelitian Wawancara Guru di TK Aba Kauman yogyakarta, Tanggal 11 Agustus 2023

Helmawati,Mengenal dan Memahami PAUD,(Bandung:PT Rosdakarya,2015),h.46

Lailatul Munawaroh, Nurul Khotimah, “Penerapan Kegiatan Tari Kreasi dalam Kemampuan Kinestetik Anak Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kalijaten Taman Sidoarjo”, Jurnal PAUD Teratai,Vol.07.No.01(2018),h.2

Mursidi, Pengembangan Pembelajaran PAUD, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2015)

Noor Yanti, “ Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Rangka Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Untuk Menjadi Warga Negara yang Baik”, dalam Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat, Vol. 6 No 11 Mei, 2016, h. 965.

Novi Mulyani, Pendidikan Seni Tari Anak Usia Dini, (Yogyakarta: Penerbit Gava Media, 2016), hlm. 68

Sujiono, Yuliani Nurani. Konsep Dasar PAUD. Jakarta:PT Indeks,2013

Yuliani Nurani Sujiono, Konsep Dasar PAUD,(Jakarta:PT Indeks,2013),h.6


Refbacks

  • There are currently no refbacks.