Efektivitas Literasi Siswa di SD Kalidadap dengan Inovasi Evaluasi Lembar Kertas Kosong

Alfaris Cindy Lavhasa, Yosi Wulandari

Abstract


Peningkatan literasi di Indonesia harus dimulai dari hal yang mendasar seperti di dunia pendidikan yang dimulai dari sekolah dasar. Setiap sekolah dasar yang menggunakan kurikulum merdeka mempunyai waktu untuk berliterasi selama 1 jam setiap hari sebelum pembelajaran dimulai. namun sering kali ditemukan kegiatan literasi yang dilaksanakan hanya sekedar jam kosong. Salah satu faktornya adalah tidak adanya hasil yang dinilai untuk siswa dan jarangnya guru menemani siswa untuk berliterasi. sehingga peran evaluasi lembar kertas kosong sebagai bentuk peningkatan literasi di sekolah dasar adalah solusi untuk guru dan siswa serta tanggung jawab pihak sekolah terhadap hasil jam literasi 6 jam per minggu, yang disediakan oleh Kemendikbud Ristek termuat dalam kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif empiris dengan menggunakan wawancara secara langsung dengan guru dan siswa di SD N Kalidadap.

Keywords


Kertas-kosong, Evaluasi, Siswa

Full Text:

PDF

References


Elitasari, H. T. (2022). Kontribusi Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Abad 21. Jurnal Basicedu. 6(6): 9508-9516

Fauzi, A. R., et al. (2022). Pembelajaran Mengonstruksi Teks Eksposisi dengan Memperhatikan Isi, Struktur, dan Kebahasaan Menggunakan Model Experiential Learning Pada Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 1 Cisarua Bandung. PhD Thesis. FKIP UNPAS.

Firmansah, D., Sugiyono. (2023). Menurut. BAB 2 Manfaat dan Keunggulan Penelitian Kuantitatif. Metodologi Penelitian Kuantitatif. 13.

Kamila, J. T., Nanggala, A. (2023). Penerapan Kegiatan Literasi dengan Metode Reading Aloud untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas Rendah (Studi Kasus pada Kelas I SD N Cinangka 03 Kabupaten Bandung). Journal on Education, 6(1) : 1970-1978.

Maryanti, S. Hartati. S., Kurniawan, D. T. (2022). Assesment for learning, educandy & wordwall.

Mujtahidin, M., Oktarianto, M. L. (2022). Metode Penelitian Pendidikan Dasar: Kajian Perspektif Filsafat Ilmu. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar. 9(1): 95-106.

NGADHA, Christina, et al. (2023). Penerapan Metode Diskusi untuk Mengaktifkan Proses Berpikir Kritis Siswa Kelas 3 SD dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 2(1): 36-46.

SANTOSO, Gunawan, et al. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Literasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(1): 84-90.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.