Penggunaan Aplikasi Canva dalam Pembelajaran Menulis Iklan Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Minggir

Arlinda Purnama, Faranisa Fauziana, Amar Yusuf Eka Saputra, Iis Suwartini

Abstract


Penelitian ini membahas tentang penggunaan aplikasi canva dalam pembelajaran menulis iklan kelas VIII A SMP Muhammadiyah 1 Minggir. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kreativitas dan kemampuan menulis siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 1 Minggir. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan mengamati teks iklan hasil karya siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 1 Minggir. Setelah itu, data dianalisis dan dijabarkan dalam bentuk deskripsi. Penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 1 Minggir memiliki kreativitas yang cukup baik. Selain itu, mereka juga memiliki kemampuan menulis yang baik. Akan tetapi, masih ditemukan beberapa kesalahan penulisan seperti kehematan kata yang kurang tepat, penggunaan kata depan di yang kurang tepat, dan penggunaan istilah asing yang kurang tepat.


Full Text:

PDF

References


Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.

Casofa, F., & Isa, A. (2013). Gerbang Kreativitas: Jagat Desain Grafis. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Press.

Haryatmoko. (2020). Jalan Baru Kepemimpinan & Pendidikan: Jawaban atas Tantangan Disruptif Inovatif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kosasih, E. (2017). Bahasa Indonesia Kelas VIII Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Moeliono, A., Lapoliwa, H., Alwi, H., Sasangka, S. S. T. W., & Sugiyono. (2017). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. In Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia edisi keempat. Jakarya: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Nurgiyantoro, B. (2009). Penelitian Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.

Setiawan, A. (2019). Peran Keterampilan Menulis dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru di Era Society 5.0. Prosiding Senasbasa, 1118–1121.

Setyawati, N. (2019). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka.

Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.