Menumbuhkan Sikap Religius Islam Siswa-Siswi SMA Negeri 2 Bantul Melalui Implementasi Kegiatan Keagamaan

Saesari Salekhah Nur Widyani

Abstract


Artikel ini ditulis guna memberikan penjelasan bahwa menumbuhkan sikap religius pada siswa-siswi dapat dilakukan dengan beberapa cara. Ruang lingkup kajian ini diambil dalam kegiatan PLP 2 UAD dengan fokus kajian Pendidkan Agama Islam. Penggunaan metode dalam karya ilmiah ini adalah kualitatif dengan pendekatan field research dan data lain yang diperoleh adalah dari hasil mencari literature yang relevan dengan penelitian. Hasil dari artikel ini menjelaskan bahwa dalam menumbuhkan sikap religius siswa-siswi SMA N 2 Bantul guru PAI Menerapkan beberapa cara yaitu yaitu seperti pembiasaan sholat dhuha dan juga membaca asmaul husna sebelum memulai pembelajaran sehingga dalam kenyataannya sikap relisius siswa-siswi tumbuh dengan baik.

Keywords


Menumbuhkan, Sikap Religius Islam, Iplementasi, Keagamaan

Full Text:

PDF

References


Arisha, F. (2020). 99 Langkah Menuju Berkah. Laksana.

Baderiah. (2018). Buku Ajar Pengembangan Kurikulum. Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.

Evanirosa;, Bagenda, C., Hasnawati;, & dkk. (2022). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Penerbit Media Sains Indonesia.

Khoiruddin, M. A., & Sholekah, D. D. (2019). Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa. Jurnal Pedagogik, 06(01), 123–144.

Mutiawati, Y. (2019). Pembentukan Karakter religius pada Kegiatan Makan Anak di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Buah Hati, 6(2).

Nasution, A. T. (2009). Melejitkan SQ Dengan 99 Asmaul Husna. PT Gramedia Pustaka Utama.

Nurbaiti, R., Alwy, S., & Taulabi, I. (2020). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 55–66. https://doi.org/10.33367/jiee.v2i1.995

Rini, T. S. (2021). Penanaman Karakter Religious pada Siswa Sekolah Dasar melalui Pembiasaan Shalat Dhuha. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 1(2), 112–115.

Sapitri, I. S. (2020). Hubungan Pembiasaan Sholat Dhuha dengan Akhlak Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(Oktober). https://doi.org/10.35316/jpii.v4i1.166

Sri Mulyani, E., & Hunainah, H. (2021). Pembiasaan Shalat Dhuha Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. Qathrunâ, 8(1), 1. https://doi.org/10.32678/qathruna.v8i1.4782

Tanamal, N. A. (2022). Religiusitas Mahasiswa Milenial Dalam Penerapan Akhlak Dan Etika Di Era Digital Millenial Student Religiusity in Application Practices and Ethics in the Digital Age. Jagaddhita, 1(2), 33–46.

Yudabangsa, A. (2020). Pengembangan Kesadaran Keberagamaan dan Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha’. Attractive : Innovative Education Journal, 2(1), 117. https://doi.org/10.51278/aj.v2i1.30


Refbacks

  • There are currently no refbacks.