Metode Pembelajaran Siswa Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Di SMKN 1 Pundong

Imam Khairil Akbar

Abstract


Bahasa Inggris menjadi bahasa Internasional yang telah disahkan lebih dari 100 negara di dalam sidang PBB. Dengan begitu Negara Indonesia pun menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua Negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode yang digunakan siswa dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan cara observasi dan wawancara. Ternyata dari kelima siswa yang telah diwawancarai, mereka mendengarkan musik dan membaca buku berbahasa Inggris sebagai metode mereka dalam meningkatkan skill bahasa Inggris mereka. Dengan begitu seharusnya para guru dapat menggunakan metode ini untuk bisa membuat pembelajaran bahasa Inggris dalam kelas menjadi menyenangkan dan dapat diterima oleh para siswa dengan mudah.

Full Text:

PDF

References


Garryn C. Ranuntu, G. J. T. (2018). Peran lagu dalam pengajaran bahasa inggris tingkat dasar. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum, 4(1), 99–110.

Lexy J, M. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Remaja Rosda Karya.

Murcia, Celce & Olshtain. (2000). Discourse and Context in Language Teaching. Cambridge. Cambridge University Press

Nurhadi. (1989). Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca. Bandung. Sinar Baru.

Omi, K & Maurits, S (1998) The history of English teaching in Indonesia. Jakarta. Applied English Linguistics Program Graduate School Atma Jaya Catholic University of Indonesia

Saepudin. (2014). An Introduction to English Learning and Teaching Methodology; Metodologi Pembelajaran Bahasa Inggris: Suatu Pengenalan Awal. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53).

Tarigan, H.G. (1993). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung. Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.