Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menerapkan Media Pembelajaran Sederhana di SMA Negeri 1 Imogiri

Nurul Lahdilah Fitri

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan media pembelajaran sederhana di SMA Negeri 1 Imogiri dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat dalam menerapkan media pembelajaran oleh guru Pendidikan Agama Islam. Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan melakukan survey dan wawancara kemudian di analisis secara deskriptif. Sampel penelitian ini berjumlah 2 orang responden yang berasal dari guru Pendidikan Agama Islam IPA dan IPS di SMA Negeri 1 Imogiri. Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa peran guru PAI dalam menerapkan media pembelajaran sederhana cukup efektif, kreatif dan inovatif dalam berkontribusi mempersiapkan pembelajaran yang menarik bagi siswa.

 

 


Keywords


Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Penerapan Media, Media Pembelajaran Sederhana

Full Text:

PDF

References


Afriyan, R Drya, Wawancara, Ruang Kelas XI IPS 2. 20222

Buchari, A. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), 106.

Dewi, G. S. (2019). Penggunaan Media Bulletin Board Untuk Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran Tematik ( PTK Siswa Kelas IIIB SD N 01 Kota Bengkulu ). Triadik, 18(1), 55–65.

Deta, P. A Rahmaning. Wawancara, Ruang Kelas XI IPS 1. 2022.

Indah, B. P., & Safaruddin. (2022). Pengembangan Dan Pemanfaatan Media Pembelajaran. Jurnal Ilmu Terapan, 3(1), 1–8.

Khotimah, S. H., Sunaryati, T., & Suhartini, S. (2020). Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,

Kurniawan, O., & Jismulatif. (2011). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Fantasi Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Riau. Jurnal Pendidikan, 2(1), 43–47.

Kusbani, Ahmat. Wawancara, SMA Negeri 1 Imogiri. 2022.

Linda, N. (2018). Penggunaan Media Charta Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Dalam Pembelajaran IPA Kelas IV SD (pp. 1–8). Eprints Universitas Muhammadiyah Siduarjo.

Munawir, M., Salsabila, Z. P., & Nisa’, N. R. (2022). Tugas, Fungsi dan Peran Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 8–12.

Pebrianti, F. (2019). Kemampuan Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Sederhana. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 1(December), 93–98.

Saputri, R Amaly, Wawancara, Ruang Kelas Xl IPS 3. 2022.

Sulistyono, Y. (2013). Penyusunan Media Pembelajaran Poster Berbasis Teks: Studi kasus Media Pembelajaran Poster Karya Mahasiswa Semester 5 Pendidikan Bahasa Indonesia UMS. Varia Pendidikan, 27(2), 208–215.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.