Penggunaan Lagu Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 2 Banguntapan

Adinda Puspita Ayu, Rizki lu'luul jannah, Khafidhoh, M.Pd Khafidhoh, M.Pd Khafidhoh, M.Pd

Abstract


Abstrak:Penelitian ini berjudul “Penggunaan Lagu Bahasa Inggris Untuk
Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 2
Banguntapan”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan
mengklasifikasikan terkait dengan penggunaan lagu bahasa untuk meniningkatkan
kemampuan berbicara siswa kelas VIII C. Penelitian ini menggunakan metode
deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan untuk penelitian ini adalah
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti telah menemukan lima persepsi
sebagai hasil dari penelitian ini antara lain penggunaan lagu bahasa Inggris sangat
menyenangkan dalam kegiatan belajar; tidak membosankan; menghibur; dan
dorongan untuk belajar. Dalam penelitian ini, penulis juga menemukan kemampuan
dalam penguasaan kosakata dan kemahiran berbicara. Ada 20 siswa yang merasakan
peningkatan kosakata mereka, 12 siswa merasakan ada peningkatan dalam berbicara
bahasa Inggris, dan 8 siswa merasakan tidak mengalami peningkatan dalam berbicara
bahasa Inggris. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada
guru di dalam pembelajaran bahasa Inggris melalui lagu, dengan pemilihan lagu yang
tepat dan melatih lagu bahasa Inggris yang menyenangkan.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

- Sugawara, E., & Nikaido, H. (2014). Properties of AdeABC and AdeIJK efflux systems of

Acinetobacter baumannii compared with those of the AcrAB-TolC system of Escherichia coli.

Antimicrobial Agents and Chemotherapy, 58(12), 7250–7257. https://doi.org/10.1128/AAC.03728-

- Mijo, M. (2022). Penggunaan media lagu berlirik bahasa inggris untuk meningkatkan penguasaan

grammar bahasa inggris pada siswa SMA, 6(1),14-22

- Risnawati, A. & Nuraeni, L. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Sunda Anak Usia Dini

Melalui Kegiatan Rebo Nyunda Di Pendidikan Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif

Inovatif Adaptif), 2(5):243. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i5.p243-250

- Mulyadi, D. & Mutmainah, Y. (2015). Penggunaan Film Berbahasa Inggris dengan English Subtitle

dalam Meningkatkan Keterampilan Listening. The 2nd University Research Coloquium 2015, 141.

- Nagauleng, M.A. (1979). Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Berbahasa Inggris Dengan

Menggunakan Lagu-Lagu Berbahasa Inggris, 7, 199-210.

- (Wulandari, A. & Sholihin, H. (2020). Penggunaan Media Lagu Untuk Meningkatkan Partisipasi

Siswa Dalam Pembelajaran Struktur Bahasa Inggris. PENGARUH PENGGUNAAN PASTA LABU

KUNING (Cucurbita Moschata) UNTUK SUBSTITUSI TEPUNG TERIGU DENGAN

PENAMBAHAN TEPUNG ANGKAK DALAM PEMBUATAN MIE KERING, 1(2), 274-282.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.